Midji-Norsan Unggul Dalam Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara kabupaten Melawi

oleh
oleh

MELAWI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Melawi mengelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan surat suara di tingkat kabupaten Melawi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018, Kamis (5/7) di Gedung Emaus Nanga Pinoh. Proses perhitungan surat suara tersebut, dikawal ketat oleh pihak Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dishub dan PBK.

Acara dipimpin langsung oleh seluruh komisioner KPU Melawi. Dimana pada pleno tersebut diamankan, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin, LO Kandim 1205/Sintang, Kapten Arm Istiadi, Ketua DPRD Melawi, Abnag Tajudin, sejumlah perwakilan Pemkab Melawi, Panwaslu Kabupaten, serta seluruh petugas PKK di 11 Kecamatan yang ada di Melawi dan saksi masing masing pasangan calon.

Ketua Komisioner KPU Melawi, Dedi Suparjo pada pleno tersebut menyampaikan perolehan suara masing-masing pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018. Dimana pada perolehan itu, pasangan calon nomor urut 3 yakni Sutarmidji dan Ria Norsan, meraih suara terbanyak.

“Rekapitulasi hasil penghitungan suara masing masing Paslon antara lain yakni, pasangan calon nomor urut 1 yakni Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh suara 15.099, sementara pasangan calon nomor urut 2 yakni Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh 50.152 suara dan pasangan nomor urut 3 yakni Sutarmidji dan Ria Norsan sebanyak 64.581 suara. Total suara syah 12.9832, total suara tidak syah 1.872 dan jumlah seluruh suara syah dan tidak syah 13.1704, ” terangnya.

Sementara Anggota Panwaslu Melawi, Johani mengatakan, dalam pleno tidak berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

“Kesalahan tidak ada namun hanya saja kekeliruan di dalam menginput DPT serta jumlah pria dan laki-lakinya,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada masyarakat Melawi yang cinta damai. Sehingga pelaksanaan pleno bisa terselenggarakan dengan aman dan lancar hingga berakhirnya acara.

“Dalam pengaman Pleno ini, kami pihak Polres Melawi mengerahkan 135 personil, 45 TNI. Titik pengamanan inti itu dilakukan di tempat pelaksanaan Pleno yakni Emaus. Kemudian pengamanan di kantor KPU, pengamanan di kantor Panwaslu, ada jalur khusus serta ada Pam VIP, dalam arti pengaanan bagi Ketua dan Anggota Komisioner KPU Melawi dan Panwas,” ungkapnya.

Terkait kapan pengalan pengiriman hasil rekapitulasi suara di tingkat kabupaten Melawi ke Provinsi, Fadlin mengatakan, pihaknya pasti melakukan pengawalan.

“Jumlah personilnya tergantung permintaan dari KPU. Kapan bberangkatnya kami juga selalu siap. Kita berharap hari ini (Kamis,red) bisa segera dikirim,” pungkasnya. (Ed/KN)