Pangdam Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Pamtas Yonmek 643 Wanara Sakti

MEMPAWAH, KN – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin Upacara Penerimaan Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti yang baru purna tugas melaksanakan tugas operasi Pamtas RI – Malaysia di wilayah Kalimantan Barat .

Upacara penerimaan berlangsung di lapangan apel Markas Yonmek 643/Wns yang diikuti sebanyak 450 personel prajurit juga dihadiri para pejabat Kodam XII/Tpr serta dari Forkopimda Kabupaten Mempawah, Rabu (27/11/19.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Pangkoops Satgas Pamtas RI-Malaysia dalam amanatnya mengatakan, acara penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan Komando kepada Prajurit Yonmek 643/Wns, yang telah selesai melaksanakan tugas secara profesional dalam menjaga integritas NKRI dari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu stabilitas keamanan perbatasan RI-Malaysia khususnya di wilayah Sektor Barat.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan, selama dalam penugasan para Prajurit Yonmek 643/Wns telah berbuat banyak dalam menjaga wilayah perbatasan, dengan berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba, illegal Trading, illegal loging, Illegal Entry, illegal minning dan penyelundupan satwa.

Selain itu, juga melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat dan para tokoh-tokoh yang ada di sekitar Pos Satgas Pamtas, sehingga masyarakat dengan sukarela dan ikhlas menyerahkan Senpi dan Muhandak mereka. Juga telah membantu meringankan beban hidup masyarakat dengan melaksanakan bakti sosial, sunatan massal dan pelayanan kesehatan.

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil dari pengabdian yang tulus dan ikhlas serta kesadaran untuk berbuat yang terbaik, sehingga rasa tanggung jawab yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dapat menjaga nama baik satuan, khususnya citra Kodam XII/Tpr.

“Atas nama Komando dan pribadi, saya ucapkan selamat datang dan sukses kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti selama kurang lebih 9 bulan, telah melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi,” ucap Pangdam XII/Tpr.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam XII/Tpr menekankan kepada seluruh prajurit Yonmek 643/Wns untuk tetap bersyukur dan tidak larut dalam kegembiraan, melaksanakan konsolidasi dengan tertib administrasi.

Selanjutnya kepada Danyon agar memberikan reward and punishment kepada personel yang memang patut untuk menerimanya serta meyakinkan hak-hak kesejahteraan prajurit dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Selanjutnya, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada aparat terkait dan semua pihak yang telah memberikan berbagai dukungan kepada satuan Yonmek 643/Wns selama dalam pelaksanaan penugasan,” pungkas Pangdam XII/Tpr.

Usai memimpin upacara penerimaan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan apresiasi kepada Yonmek 643/Wns yang telah berhasil melaksanakan tugas operasi dengan baik, berupa pemberian piagam penghargaan yang diterima langsung oleh Danyonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

Serta memberikan ucapan selamat kepada para prajurit. Sebelumnya juga Pangdam XII/Tpr berkesempatan untuk meresmikan gapura dan gedung serbaguna milik Yonmek 643/Wns yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.