Panji: Haji Mabrur Adalah Status Mulia

MELAWI – Bupati Melawi beersama sejumlah pejabat pemerintahan Melawi dan ratusan keluarga para jamaah haji menyambut kedatangan para jamaah haji Melawi, Kamis (13/9) di Terminal Sidomulyo Nanga Pinoh. Tangis bahagia dari para sanak keluarga jamaah haji menghiasi suasana penyambutan tersebut.

Bupati Melawi, Panji dalam sambutannya mengatakan, hari ini merupakan hari yang sangat bahagia buat semuanya dimana, para jamaah haji Melawi sudah tiba kembali di tanah air.

“Saya tidak panjang lebar, karena saya tau saudara-saudaraku semua ini sudah cukup menempuh perjalanan yang panjang dari dari Mekkah sampai ke sini,” ucapnya.

Panji menuturkan, ada beberapa hal saja yang Ia sampaikan, pertama Ia menyatakan menerima kembali ya Bapak Ibu haji yang mabrur di tanah air Kabupaten Melawi itu. Yang kedua Ia mau menyampaikan pertama syukur atas status saudara-saudaraku semua 101 jamaah haji yang mabrur.

“Oleh karena itu saya mencoba untuk sedikit memaknainya dengan harapan bahwa status yang Bapak Ibu dapatkan bukanlah gelar tetapi status mulia yang tidak bisa disamakan dengan gelar S1, S2 dan S3. Tetapi Haji ini adalah status kebesaranmu, status Rahmat dari Allah. Oleh karena itu kami mendoakan dan sekaligus berharap agar kiranya status haji yang mabrur dan mabruroh ini senantiasa akan mewarnai kehidupan keluarga dan kehidupan lingkungan masyarakat di Kabupaten Melawi,” ujarnya.

Status haji tersebut, klanjutnya, akan menjadi kekuatan tambahan baru bagi pemerintah bagi masyarakat Melawi untuk membangun karakter untuk memelihara nilai-nilai yang mulia, nilai keimanan dan ketuhanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu pemerintah mengucapkan sekali lagi terima kasih dan selamat yang setulus-tulusnya atas status haji yang mabrur dan mabruroh.

“Kemudian yang saya juga mengucapkan selamat kepada keluarga semua dan melalui kesempatan yang mulia ini yang resmi ini saya nyatakan resmi setelah menerima kembalinya dan saya menyatakan secara resmi menyerahkan kepada pemerintah Kecamatan kepada pemerintah Desa dan kepada keluarga.

Dari jumlah 101 jamaah haji Melawi, yang disambut di Terminal Sidomulyo hanya berjumlah 94 orang dalam keadaan selamat dan sehat. Sementara yang lainnya, satu orang sakit dan berada di Rumah Sakit Batam, dan 6 orang lagi, tidak lansung pulang ke Melawi karena masih berada di tempat keluarganya di Pontinak. (Edi/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.