Panji Lantik Delapan Pejabat Eselon II

MELAWI – Bupati Melawi, Panji melakukan pelantikan terhadap 8 pejabat eselon II dilingkungan Pemkab Melawi Kamis Sore (15/2) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kegiatan yang dihadiri para kepala SKPD, Forkopinda serta PKK dan GOW tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi.

Adapun pejabat yang dilantik antara lain , Alexander yang sebelumnya sebagai Kepala Diskukmdag, dilantik menjadi Kepala Dispora, Samsul Arifin yang sebelumnya sebagai Staf Ahli menjadi Kepala Dinas Perhubungan, H Iskandar sebelumnya staf ahli menjadi Kasat Pol PP, dan Kasat Pol PP lama, Marsidi pindah menjadi asisten administrasi dan umum.

Sementara, Ir. Nahru yang sebelumnya sebagai Kadispora menjadi Kepala Dinas Sosial, sedangkan Kepala Dinas Sosial sebelumnya, Ramda Suhaimi pindah menjadi kepala Dinas Usaha, Kecil, Menengah dan Perdagangan.

Selanjutnya, Kepala DLH diisi oleh Junaidi yang sebelumnya menjabat sebagai Sekwan, sementara kepala DLH sebelumnya, Jaya Sutardi menjadi Kepala Bappeda.

Dalam arahannya Panji mengatakan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat di setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi, dalam rangka peningkatan kapasitas karir pegawai.

“Pelantikan pegawai ini dimaksud untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik,” ungkapnya.

Pelantikan ini,lanjutnya, hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, ini suatu pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal, terang Panji.

Lanjut Panji, pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai, adalah kompetensi pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada Negara, Oleh karenanya setiap pejabat hendaknya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan,” ucapnya.

Dengan demikian, katanya, diharapkan para pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi. Ada beberapa harapan yang harus dilaksanakan kepada ASN, yakni senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas loyalitas disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab serta bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi.

“ASN harus mempunyai wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif inovatif dan sistematik untuk kepentingan organisasi. Harus mempunyai kemampuan untuk mengakomodir berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal, sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal,” paparnya.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi mengharapkan karena pejabat eselon yang dilantik merupakan hasil proses yang telah dilakukan oleh Baperjakat, maka diharapkan bisa bekerja secara maksimal di tempat tugasnya yang baru.

“Kita berharap pejabat yang dilantik bisa menjalankan tugas yang telah diamanahkan dengan baik, Dinas yang dipimpin harus ada kemajuan, sehingga penempatan pejabat di instansi tersebut bisa dikatakan tepat sasaran,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.