Pawai Obor Dalam Rangka Peringati Hari Pramuka

MELAWI – Kwarcab Pramuka Melawi, Kalbar, melaksanakan pawai obor di ikuti 17 sekolah, mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA, pada Sabtu malam (1/9). Pawai tersebut dilaksanakan untuk memperingati HUT Pramuka ke-57 tahun 2018, dimana pesertanya di ikuti 1.200 Gugus Depan dengan mengenakan baju pramuka dan berbagai miniature hiasan. Pawai obor ini dilepas Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono, didampingi Ketua Harian Kwarcab Pramuka Melawi, Nahru, dan sejumlah tamu undangan. Pawai tersebut melewati rute Start yang dimulai dari lokasi Tugu Juang Nanga Pinoh itu mengambil rute Jalan Protokol hingga kembali finish ke Tugu Juang.

Nahru, dalam sambutannya sebelum pelepasan pawai obor menyatakan, pawai obor menjadi agenda tahunan Kwarcab Pramuka Melawi dalam rangka memperingati HUT Pramuka, sekaligus menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI.

Dengan pelaksanaan pawai obor kata Nahru, selain kemeriahan, juga merupakan penyaluran kreativitas anak-anak pramuka. Moment ini juga lanjut Nahru, ingin merenungkan semangat perjuangan para pahlawan yang gigih berjuang demi kemerdekaan RI.

“Pawai obor merupakan penerang dan pencerahan bagi generasi muda untuk meneruskan cita-cita para pendahulu kita. Kepada adek-adek pramuka, salurkanlah kreasi dengan hal-hal yang positif dalam menuju masa depan yang lebih baik,” ungkap Nahru.

Nahru menyebutkan, sedianya upacara HUT Pramuka dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus, namun karena berbagai kesibukan jelang HUT Kemerdekaan RI, maka di Kabupaten Melawi akan dilaksanakan pada tanggal 19 September mendatang di halaman rumah jabatan Bupati Melawi.

Ditempat yang sama, Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono, berharap Gerakan Pramuka dapat selalu menyatukan bangsa ini dengan tugas dan fungsi pramuka, yaitu mendidik pemuda agar berwatak, berkepribadian, berkarakter dan jiwa patriotik.

Dikatakan Ivo, pramuka adalah wadah yang tepat bagi generasi muda untuk menangkal berbagai tindakan negatif, seperti narkoba dan tindakan kriminal lainnya. Dikesempatan itu Ivo mengajak kepada seluruh pramuka menghayati nilai-nilai kepramukaan untuk dijadikan gerakan bangsa menuju pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

“Saya menyambut baik kegiatan ini. Oleh karena itu saya berpesan kepada adik-adik pramuka, dapat mengikuti kegiatan dengan semangat dan kebahagian. Nikmatilah seluruh rangkaian kegiatan serta ambillah nilai-nilai positifnya,” pesan Ivo.

Salah seorang warga bernama Ria Irawan, mengaku bangga menyaksikan pawai obor berlangsung semarak. Ia mengaku kegiatan pawai obor ini sangat baik dan didukung peserta sangat banyak. “Semoga kegiatan seperti ini di tahun-tahun mendatang lebih ditingkatkan,” sebut wanita berprofesi sebagai perawat itu.

M. Firman, salah seorang Pengurus Kwarcab Pramuka Melawi, ditemui usai kegiatan itu menyampaikan, bahwa peserta pawai obor juga akan di nilai dari berbagai kategori untuk memperebutkan piala dan hadiah lainnya.

“Penyerahan piala kepada pemenang akan dilakukan usai gelar upacara HUT Pramuka nanti,” beber Kepala Sekolah SMPN 1 Pinoh Selatan itu.

Firman memaparkan, 17 peserta sekolah yang mengitu pawai obor adala utusan dari SDN 6 Nanga Pinoh, SMA Eklesia Nanga Pinoh, SMP Imanuel Nanga Pinoh, SMAN 2 Nanga Pinoh, SMAN 1 Nanga Pinoh, SDN 2 Nanga Kayan, SMA Santa Maria Nanga Pinoh, SDN 13 Nanga Pinoh, Madrasah Aliyah Persiapan Nanga Pinoh, SMP Setia Budi Nanga Pinoh, SMA Bakti Setia Nanga Pinoh, SMKN 1 Nanga Pinoh, SMK Bina Kusuma 2 Nanga Pinoh, Madrasah Aliyah BMP Nanga Pinoh, SMP 2 Nanga Pinoh, SDN 4 Nanga Pinoh dan SMAN 1 Pinoh Selatan.

Dari pantauan di lapangan, selain dipadati ribuan peserta, pawai tersebut juga membuat ribuan warga mulai dari kalangan anak-anak, dewasa hingga tua pun berkerumun di pinggir-pinggir jalan untukmenyaksikan secara lansung pelaksanaan pawai obor sepanjang rute yang dilewati, sehingga membuat jalan macet total. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.