Pelatihan Administrasi Proyek Dinas PUPR Sekadau Tahap 2

SEKADAU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sekadau adakan pelatihan administrasi proyek kepada pelaksana jasa konstruksi. Kegiatan berlangsung mulai dari tanggal 13-16 Mei 2019 di aula SMK Amaliyah. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Ahmad Suryadi.

Kegiatan pelatihan gelombang kedua ini diikuti sebanyak 52 peserta yang terdiri dari direktur dan tenaga administrasi pelaksana jasa konstruksi.

Kadis PUPR Kabupaten Sekadau, Ahkmad Suryadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah melibatkan asosiasi konstruksi dengan tujuan, dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pelaku jasa konstruksi. Ia berharap kegiatan ini dapat diikut oleh seluruh pelaksana jasa konstruksi yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Peningkatan SDM sangat di butuhkan karna dalam pelaksanaan selama ini pembuatan administrasi proyek selalu di bantu oleh konsultan. Kita berharap, kedepan pelaku jasa konstruksi paham terhadap pembuatan pelaporan administrasi,” jelas Ahkmad.

Selain itu kata dia, para peserta pelatihan administrasi proyek juga diberikan materi pelatihan berupa SOP pengajuan uang muka, SOP pengajuan termin maupun SOP pengajuan pencairan 100 persen. Para peserta juga dibekali materi pembuatan laporan pelaksanaan proyek secara berjenjang, mulai dari laporan harian, mingguan, bulanan serta backup data MC.

Akhmad Suryadi mengharapkan, para pelaku jasa konstruksi bisa memahami sistem pelaporan kegiatan konstruksi agar ketergantungan terhadap orang lain (Konsultan) dapat dikurangi.

“Jika para pelaku jasa konstruksi masih belum memahami sepenuhnya, kami siap membantu,” ujarnya.

Ia mengakui, pelatihan ini masih bersifat lokal, namun kita akan mengajukan permohonan kepada Kementrian tehknis untuk memberikan kewenangan kepada dinas tehknis supaya dapat mengeluarkan sertifikat,” jelas Ahkmad.

Selanjutnya, Ketua Gappeknas Kabupaten Sekadau, Alamsah mengucapkan terimakasih kepada rekan – rekan pelaksana yang telah mengikuti pelatihan. Pelatihan ini lanjut Alamsyah, merupakan gagasan semua asosiasi yang ada di Kabupaten Sekadau dan telah mendapat suport dari kadis PUPR memalui bidang Jakons. “Kami atas nama penyelenggara mohon maaf jika ada kekurangan dalam kegiatan pelatihan ini,” tutup Alamsyah.

Kepala bidang jasa konstruksi dinas PUPR Kabupaten Sekadau yang juga ketua panitia pelaksana, Gusti Normansyah mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan SDM para pelaku usaha jasa konstruksi. Pelatihan ini merupakan angkatan kedua. Ia juga mengatakan, sertifikat ini merupakan syarat untuk mendapatkan pekerjaan di dinas PUPR Kabupaten Sekadau. “Dengan menjadikannya sebagai syarat mutlak, maka ini wajib dipenuhi,” tegasnya.

Diakui Normansyah, Kabupaten Sekadau merupakan kabupaten pertama yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan seperti ini. “Mudah – mudahan kegiatan seperti ini dapat kita laksanakan secara bertahap,” harap Normansyah.

Akhir sambutannya Ia berjanji bahwa sertifikat pelatihan ini akan diserahkan langsung oleh Bupati Sekadau pada hari Senin (20/5/19) yang akan datang. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.