Pembangunan di Desa Mesti Mendatangkan Manfaat Untuk Masyarakat

Melawi (kalimantan-news.com) – Kabupaten Melawi melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Tahun Pemerintah Desa (RKTPD), Senin (2/12) di Pendopo rumah jabatan Bupati Melawi Melawi.

Rapat yang dibuka Bupati Melawi tersebut dihadiri seluruh kepala dan perangkat desa se Kabupaten Melawi, sejumlah Kepala SKPD serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda).
Dalam arahannya, Panji mengatakan, pelaksanaan rapat kerja tahunan perangkat desa yang dilaksanakan hari ini merupakan pelaksanaan dari ketentuan pasal 112 ayat (1) ayat (3 ) huruf b Ayat (4 ) dan pasal 115 undangundang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan pasal 70 ayat ( 1) peraturan daerah kabupaten melawi nomor 4 tahun 2016 tentang kepala desa serta menindaklanjuti arahan presidan republik indonesia dalam rapat koordinasi nasional pemerintah pusat dan forum koordinasi pimpinan daerah di sentul internasional covention center bogor tanggal 13 november 2019.

Bahwa pemerintah daerah kabupatenikota melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa serta meningkatkan kualitas pemerintahan dan masyarakat desa melalui pendidlkan.

“Pelatihan dan penyuluhan serta meningkatkan koordinasi pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan. Dengan demikian diharapkan bahwa seluruh program pembangauan desa nantinya benar-benar mendatangkan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa khususnya Melawi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan rapat kerja tahunan perangkat desa tahun 2019, pertama untuk melaksanakan fungsi pengawasan terhadap program pembangunan desa serta melakukan pembinaan terhadap perangkat desa. Kedua, untuk meningkatkan koordinasi pemerintah kabupaten melawi dengan pemerlntah tingkat desa sehingga peran pemerintah daerah sebagai pembina masyarakat dan merupakan wadah yang menghimpun, mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada di kabupaten melawi mampu berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat menjadi benteng moral dan akhlak masyarakat. Ketiga, untuk menindaklanjuti pandangan umum fraksl-fraksi dprd kabupaten melawi dalam Rapat paripurna ke XVI masa sidang kesatu, dimana pemerintah daerah kabupaten melawi diminta untuk melakukan sosialisasi seluruh tahapan pilkades serentak se-kabupaten melawi tahun 2020 kepada masyarakat, agar seluruh tahapan pilkades serentak tahun 2020 dapat berjalan . Aman , lancar dan demokratis sesuai ketentuan yang berlaku.

“Acara rapat kerja tahunan perangkat desa ini diikuti oleh 169 desa dengan peserta masing-masing desa adalah dan delapan orang. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan yang kita laksanakan hari ini. Mengingat desa adalah ujung tombak dari pembangunan tentunya merupakan keinginan dan doa kita semua kedepan desa-desa yang ada di kabupaten melawi menjadi desa maju dan mandiri yaitu desa yang mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, “ ujarnya.

Lembaga sosial yang aktif, tingkat partisipasi dan keswadayaan masyarakat tinggi dan sumber daya pembangunan dikelola secara optimal, transparan dan akuntabel pemerintah daerah kabupaten melawi pada saat ini sedang melakukan berbagai usaha dan upaya melaksanakan pembangunan di segala bidang bersama segenap pelaku pembangunan. Seperti pembangunan kantor bupati, gedung serba guna yang telah rampung,pembangunan jembatan Melawi 2 di nanga pinoh.

Jembatan belimbing il di nanga keberak, jembatan pinoh 2 di kota baru. Rumah sakit pratama di kecamatan belimbing dan peningkatan infrastruktur lainnya, meskipun harus kita akui masih belum semuanya mampu dirampungkan tetapi kami yakin dengan koordlnasl dan komitmen kita semua mampu terselesaikan tepat waktu.

“Dalam kaitan itulah. Saya selaku bupati melawi sangat mengharapkan kerjasama antara pemerintah dengan semua pelaku pembangunan agar memiliki kesamaan clta-cita yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten melawi dengan cara meningkatkan koordinasi. Membangun komunikasi dan sinergi untuk menghasilkan rumusan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa yang makin mome, tepat. Efektif dan efisien dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat,” harapnya.

Panji menuturkan, harus diketahui bersama dalam berbagai kegiatan pembangunan di kabupaten Melawi tentunya tidak terlepas dari bermacam hambatan. Kendala dan tantangan yang dihadapi, untuk itulah kita perlu duduk bersama berdiskusi mencari solusi dan cara terbaik dalam penyelesaian berbagai permasalahan tersebut.

Dengan pikiran yang jernih dan langkah yang tepat dan cermat dengan mengedepankan semangat mencari pemecahan masalah atau solusi terbaik atas berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah Melawi. (Irawan/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.