Pembukaan Bursa Inovasi Desa Sintang

oleh
oleh

SINTANG – Sebagai upaya mendongkrak segala program pembangunan di pedesaan yang bernilai inovatif , serta mencari inovasi baru yang belum tergali di daerah pedesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang hari ini Rabu,03/10/2018 melaksnakan Acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Sintang Tahun 2018 di Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang di hadiri Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, sekaligus membuka acara kegiatan.

Pada acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Sintang Tahun.2018 di Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, mengatakan bahwa thema Peringatan HUT Proklamsi Kemerdekaan ke.73 Tahun 2018 ini, adalah “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

“sehingga Pemerintah Kabupaten Sintang mewujudkan dengan berbagai kegiatan dengan membangun berbagai sarana di daerah pedalaman maupun pedesaan seperti di Desa Kemantan telah memberikan dukungan dana Pembangunan PLTMH melalui dana APBD Tahun 2018, serta Desa Pahai Permai ada air terjun 7 tingkat juga membangun PLTMH , termasuk di beberapa desa lainnnya di daerah ini” itu merupakan salah satu bentuk nyata kerja kita ujar Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH.

Selain itu , menurut Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, termasuk di Desa Baras Nabun dan Desa Ratu Damai Kecamatan Kayan Hilir sedang dibangun Jembatan gantung Rangka baja Program Pemerintah Pusat.

”mohon pak kades bisa monitor kegiatan tersebut, karena dengan spek ukurannya, harus bisa dilewati Mobil Ambulan, itu juga merupakan bentuk kerja kita, dan kalau semua kerja kita yang dilakukan ini, adalah merupakan Prestasi Bangsa”.

dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, menegaskan, bahwa Indonesia maju bukan karena oboryang besar di Jakarta maupun di Kabupaten kota di Indonesia, namun karena lilin-lilin pembangunan yang ada didesa-dsa itulah Indonesia maju

”jadi pas betul Themanya adalah Kerja Kita Prestasi Bangsa , dan kita di desa diminta untuk bias berkreasi dan berinovasi”

Sementara itu, Kasi Pengembangan Ekonomi dan SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Propinsi Kalimantan Barat Agus Suryono,SP mengatakan, bahwa Kabupaten sintanfg merupakan kabupaten yang ke.4 di kalimantan Barat yang melaksanakan Program Bursa Inovasi Desa ini, setelah Kabupaten Sekadau, Sambas dan Kabupaten Kubu Raya.

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni ,SH.M.Si, dalam sambutannya menjelaskan , Bursa Inovasi Desa ini merupakan program pusat yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri(KEPMEN) Desa PDTT Nomor.83 Tahun 2017, sebagai panduan bagi para pihak dalam melaksnakan perencanaan, pelaksnaan maupun pemantauan, yang pendanaannya berasal dari International Bank For Reconstruction and Development (World Bank) atau Bank Dunia.

”seperti meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa, serta membangun kapasitas Desa yang mandiri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, telah menetapkan pedoman umum Program Inovasi Desa (PID)” .

Pada kegiatan acara Bursa Inovasi Desa Sintang Tahun.2018 di Halaman Halam Indor Apang Semangai Stadion Baning Sintang Kabupaten hari ini Rabu,03/10/2018 selain dihadiri Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH, Ketua DPRD Sintang Jefray Edward, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, Dandim 1205 Letkol Inf Rachmad Basuki, Kasi Pengembangan Ekonomi dan SDA dan TTG Agus Suryono,SP Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Propinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni ,SH.M.Si, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, OPD, Tim Konsultan Pendampin Desa, Para Pendampin Desa, Para Pendamping Lokal Desa, Tim Inovasi Kabupaten, Kepala Desa serta Para Pengurus BPD. (Hms)