Pemerintah Desa Paal Berikan Bantuan Rehab WC Untuk Tiga Warga

Melawi (Kalimantan-News) – Pemerintah Desa Paal Mevamatan Nanga Pinoh pada kepemimpinan Pj Kades Nanny Prameswari, S. STP memprogramkan bantuan rehab toilet kepada tiga orang warga di Desa Paal. Hal tersebut sebagai langkah awal memulai upaya desa Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan.

Ditemui di ruangan kerjanya, Nany mengatakan bahwa program tersebut merupakan sebuah awal menuju desa ODF. Jumlah warga yang diberi bantuanpun hanya 3 orang saja. Yakni warga yang benar-benar tidak mampu secara materil maupun fisik. Sebelummya tim desa melakukan survey terhadap 15 kepala rumah tangga, namun hasil dari survey tersebut hanya 3 orang yang layak mendapatkan bantuan.

“Bantuannya tidak besar, untuk rehab toilet ini satu unit toilet hanya dapat sekitar Rp. 3 jutaan lebih. Karena untuk tiga warga itu hanya dianggarkan Rp. 10 juta saja. Dana bantuan tersebut dianggarkan melalui dana desa,” ungkapnya, Selasa (1/10).

Program bantuan rehab toilet tersebut rencananya akan diprogramkan juga untuk tahun depan. Sebab masih banyak dusun yang belum disurvey mengenai toilet yang layak guna. “Sementara ini yang dapat 3 orang yakni berada di Gang Kenanga atas nama Abdul Samad. Kemudian di Dusun Laja Permai atas nama ibu Samsiah, dan kemudian di Dusun yang sama pada RT 3 yakni atas nama Atot Ramli,” ungkapnya.

Nany berharap program bantuan rehab toilet tersebut akan terus berlanjut hingga seluruh masyarakat di Desa Paal tidak lagi buang air di aliran Sungai Melawi ataupun sembarangan. Sebab saat ini masih ada warga yang buang air besar di Sungai. “Mudah-mudahan kita bisa mencalai desa ODF,” harapnya. (Irawan/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.