Pemkab Sekadau Dukung Penuh Forum Anak Daerah

SEKADAU – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Sekadau, adakan kegiatan “Pembukaan Fasilitasi Pembentukan Anak Daerah” di Aula Hotel Borneo Sekadau, Senin (24/4/18).

Dalam Sambutan Asisten I Kabupaten Sekadau, H Fendy, S. Sos, M. Si yang sekaligus membuka acara ini katakan, Forum anak daerah merupakan organisasi wadah bagi anak daerah yang anggotanya adalah kelompok anak yang dikelola oleh pemerintah. Dengan diperluas sinergi dari berbagai pihak kita harapkan berkontribusi terhadap keinginan anak.

Selain itu, anak-anak tentu menjadi bagian dari investasi, sehingga kita berikan kebutuhan pada mereka. Kita harus melihat apa yang menjadi kebutuhan anak-anak mulai dari tingkat Desa, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten. Kita harus bisa melihat apa yang bisa kita akomodir dan menjadi perhatian kita bersama di masing-masing tingkatan.

Forum anak daerah merupakan wadah untuk mendengarkan pendapat dan aspirasi anak – anak karna masing-masing anak memiliki keinginan dan kebutuhan namun, sarana dan prasarana untuk mengakomodirnya tidak mudah. Anak merupakan bagian daripada tingkatan dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Anak-anak juga perlu diberikan Hak dan kelangsungan hidup untuk berkembang.

Saya perlu ingatkan, mulai saat ini kita harus punya rencana dalam kehidupan kedepan, jangan sampai masuk dalam hal-hal negatif dan kehidupan bebas tapi kita harapkan bertumbuh dan berkembang dengan baik dan bisa mengembangkan dirinya sendiri dan apa yang sudah dinikmati oleh anak-anak sekarang ini tolong dijaga,” ucapnya.

Kemudian, pada dasarnya keluarga merupakan penanggung jawab bagi perlindungan anak. Pemerintah dalam hal ini menjembatani kepentingan anak dengan pemerintah. Saya juga berharap, kiranya yang hadir dalam kegiatan ini bisa mendukung apa yang menjadi kebutuhan anak.

Atas nama Pemkab Sekadau saya menyambut baik kegiatan ini dan kepada semua pihak, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Forum ini tentunya menjadi wadah bagi anak-anak khususnya Kabupaten Sekadau dalam menyerap aspirasi ini Pemerintah mempunyai kewajiban dalam membina kegiatan ini.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Sekadau, Elsa Setyaningsih mengatakan, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang berpotensi mengisi pembangunan.

Setiap anak memiliki kesempatan yang luas, tumbuh, berkembang secara fisik dan mental, mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan berakhlak mulia. Maka, perlu dukungan dalam pemenuhan kebutuhan akan hak-hak anak serta perlakuan tanpa diskriminasi,” jelasnya.

Selain itu, pembentukan forum anak daerah merupakan bentuk nyata Pemkab Sekadau dalam memberikan dukungan penuh terhadap anak-anak.

“Hal ini, dalam pemenuhan dan partisipasi, kreativitas serta aksi dalam kegiatan forum anak daerah,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, WVI, Perwakilan Polres Sekadau dan peserta yang hadir. (AS /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.