Pemkab Sintang Gelar Gebyar Pesona Wisata Dan Budaya Di Indoor Apang Semangai

oleh
oleh

SINTANG – H. Henri Harahap Asisten Perekonomian dan Pembanguan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang membuka pelaksanaan kegiatan Gebyar Wisata dan Budaya Kabupaten Sintang di Indoor Apang Semangai Sintang pada Kamis, 13 Desember 2018.

H. Henri Harahap menjelaskan bahwa tak kenal maka tak saying merupakan sebuah pepatah lama yang sering kita dengar.

“kiranya hal itu menjadi motivasi kita saat ini pada acara gebyar wisata dan budaya Kabupaten Sintang ini. melalui kegiatan ini mau memperlihatkan ragam wisata dan budaya kabupaten sintang melalui gelar seni dan tampilan pameran hari ini. kegiatan ini selain merupakan suatu bentuk apresiasi kita pada budaya yang ada dan merupakan bentuk pelestarian tradisi kegiatan ini merupakan ajang promosi bagi Kabupaten Sintang” terang H. Henri Harahap.

“kegiatan gebyar pesona wisata dan budaya seperti ini, menjadi bentuk upaya kita bersama mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera sebagaimana telah kita canangkan bersama dalam visi pembangunan kita.kegiatan ini juga menjadi wadah bagi para pekerja seni di kabupaten sintang untuk berkarya. selain itu, ajang ini dapat menjadi sarana untuk mengenalkan hasil kerajinan tangan yang ada di kampung-kampung kita di sintang ini. sehingga bisa bernilai jual dan secara jangka panjang dapat menjadi bentuk sumber pendapatan bagi masyarakat kita” tambah H. Henri Harahap.

“kepada para tamu dan undangan yang hadir pada acara ini, kami ucapkan selamat datang di sintang, kami berharap suguhan kami pada hari ini dapat menyenangkan anda sekalian dan dapat menarik minat anda sekalian untuk kembali berkunjung ke kabupaten sintang lagi di lain hari. Kepada para peserta kegiatan gebyar pesona indonesia wisata dan budaya kabupaten sintang tahun 2018, saya harapkan kita semua menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengenalkan budaya dan wisata yang kita miliki di kabupaten sintang kepada pada tamu dan undangan yang hadir hari ini” pesan H. Henri Harahap.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang Hendrika menjelaskan kegiatan ini salah satu cara meningkatkan promosi potensi wisata dan budaya Kabupaten Sintang.

“ini bentuk apresiasi kami untuk seni budaya di Sintang. Selain itu, hadir juga para pelaku ekonomi kreatif di Sintang. Harapan kami acara ini bisa mempromosikan potensi wisata dan budaya di Sintang. Kami juga bekerjasama dengan banyak pihak untuk mendatangkan wisatawan ke Sintang. Terima kasih kepada para pelaku seni dan budaya di Sintang yang bisa hadir sekitar 300 orang” terang Hendrika.

Dewan Kehormatan Persatuan Pemandu Wisata Indonesia Pusat Heronimus Taime menyampaikan rasa senangnya bisa hadir di Sintang.

“saya melihat bahwa Pemda Sintang terus bekerja mempromosikan potensi wisata seni dan budaya di sini. Para penggiat seni dan budaya juga aktif. Kami siap mendukung pariwisata di Indonesia termasuk Sintang. Pariwisata merupakan industri yang terus berkembang. Pariwisata merupakan industri raksasa. Wisata merupakan mesin uang raksasa yang menguntungkan bagi masyarakat dan pemerintah serta lingkungan. Pariwisata juga harus bisa diregenerasikan kepada anak cucu nanti. Kami siap bantu membantu dan mengelola pariwisata dengan ikut mempromosikan potensi wisata Sintang di kancah nasional dan internasional” terang Heronimus Taime.

“dalam mengelola pariwisata erat kaitannya dengan seni mendengar dan melihat. Kita harus mendengarkan dan melihat sesuatu untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Pemerintah harus hadir karena negara akan mendapatkan devisa dari pariwisata ini. Persatuan Pemandu Wisata Indonesia merupakan mitra dari pemerintah untuk mengembangkan wisata yang ada. Kami berharap ada PAD bagi Sintang ada masuk dari pariwisata. Saya mendorong tumbuhnya pemandu wisata di Sintang ini dengan memahami secara penuh objek wisata yang ada untuk bisa memberikan penjelasan kepada pengunjung” tambah Heronimus Taime. (Hms)