Peralihan Musim Masyarakat di Minta Waspada Penyakit

SINTANG – Kondisi cuaca yang tidak menentu akibat peralihan musim kemarau ke musim hujan ini bisa menimbulkan penyakit akibat dari faktor udara, suhu, dan lain sebagainya.

Menghadapi kondisi itu, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, K Danil B menyebut sedikitnya ada tiga penyakit yang mesti diwaspadai pada saat musim pancaroba.

Tiga penyakit tersebut antaralain, diare, inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan demam berdarah (DBD).

“Tiga penyakit itu menyerang semua golongan umur, tapi khusus diare itu sangat rentan terhadap balita,” ucap Danil beberapa hari yang lalU di Gedung DPRD Sintang.

Lanjut mantan tenaga medis di Kecamatan Temunak ini, Dia menjelaskan bahwa diare bisa timbul akibat tidak dijaganya pola makan yang sehat hingga kurangnya mengkonsumsi makanan sehat.

“Diare itu kekurangan cairan, dalam sehari orang bisa lebih dari tiga kali kalau buang air besar”.

Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mencuci tangan pada saat mau makan baik itu cemilan maupun jajanan, terang Danil.

Sementara untuk DBD, yang perlu diperhatikan agar dapat terhindar dari serangan penyakit DBD diantaranya menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampugan air, membuang dan menutup barang bekas yang menampung air, dan hindari gigitan nyamuk bisa dengan mengoleskan lotion anti nyamuk (3M Plus)

“3M plus itu lebih ampuh dari pada fogging, jadi masyarakat diimbau untuk tidak malas menerapkan 3M plus itu,” paparnya.

Sementara untuk penyakit ISPA, menurutnya oang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih mudah terserang penyakit ini, oleh sebab itu kata kuncinya ada pada kita, jika pola hidup bersih dan sehatat sudah kita tanamkan saya yakin kita pasti terhindar dari penyakit, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.