Perayaan Cap Go Meh Dengan Suguhkan Berbagai Hiburan

MELAWI-Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Melawi menggelar penyambutan perayaan Cap Go Meh 2569 dengan berbagai hiburan. Diantaranya gelaran pawai lampion dan hiburan rakyat, Kamis malam (1/3) di lapangan Basket Nenga Pinoh.

Pawai lampion mengelilingi Kota Nanga Pinoh yang dikawan Sat Lantas Polres Melawi tersebut,diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat. Peserta pawai berlomba menghiasi kendaraan dengan menampilkan lampion-lampion khas berbagai bentuk untuk menarik perhatian masyarakat.

Selain itu digelaran pawai lampion tersebut, Juga didukung atraksi barongsai, naga dan marching band SMPN 1 Nanga Pinoh. Pawai lampion ini berlangsung semarak, dilanjutkan dengan hiburan rakyat menampilkan, bazaar, karaoke, tarian, senam suka cita dan hiburan lainnya di lapangan Basket Perbasi Nanga Pinoh, dipenuhi ribuan warga yang menonton.

Sekretaris MABT Melawi, Surya Driono Lay, disela-sela pawai mengungkapkan, pawai lampion ini merupakan hiburan masyarakat dalam menyambut perayaan Cap Go Meh. “Antusias masyarakat sangat luar biasa malam ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ada ribuan warga menyaksikan pawai dan hiburan ini,” ujarnya.

Dijelaskan Surya, keberadaan lampion tidak dapat dipisahkan dari tradisi perayaan Imlek dan Cap Go Meh, karena memiliki makna filosofis tersendiri. Lebih lanjut dikatakan, lampion berwarna merah menjadi simbol pengharapan, keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan.

Salah satu warga yang menyaksikan pawai dan hiburan rakyat tersebut, Susiawati, mengaku sangat senang dengan adanya pawai dan hiburan yang diselenggarakan MABT Melawi dalam rangka merayakan Imlek dan Cap Go Meh 2569 ini.

Susiawati berharap pawai lampion ini bisa terus dilaksanakan tiap tahun untuk mempertahankan tradisi dan juga sebagai hiburan. Namun kata Dia, tema pawai lampion bisa lebih dikembangkan lagi dan lebih kreatif.

Dia mengaku, yang sekarang ini cukup bagus dan dinilai mampu menghibur masyarakat Kota Nanga Pinoh. “Suami dan anak-anak saya sangat senang melihatnya, sangat menghibur kami. Banyak bentuk dan ragam menampilkan mobil-mobil hias dengan lampu-lampu berwarna merah,” tutupnya. (edi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.