Pererat Silaturahim Jamaah Masjid As Shobirin Makan Berama Setiap Jumat

MELAWI – Ada tradisi positif yang belakangan ini dilakukan masjid As Shobirin Dusun Kuala Belian Desa Paal. Dimana setiap jamaah yang seusai melaksanakan shalat Jumat berkumpul di teras masjid untuk makan bersama. Tradisi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mempererat silaturahim sesama umat muslim.

“Alhamdulillah makan bersama belakangan ini rutin kita laksanakan setiap Jumatnya. Ini sebagai langkah kami mempererat tali silaturahim sesama umat muslim, terlebih khusus jamaah Masjid As Shobirin,” kata Ketua Masjid As Shobirin, M. Junaidi, usai makan bersama, Jumat (26/4/19).

Lebih lanjut Ia mengatakan, yang menyediakan makanan setiap jumat ini bukanlah dari khas Masjid, namun dari banyaknya hamba Allah yang bersedekah ke Masjid ini. Baik dari pihak organisasi Islam, lembaga pendidikan maupun dari pihak pereorangan yang ingin memperoleh amal sedekah.

“Alhamdulillah banyak yang menyedekahkan makanan setiap Jumatnya. Seperti hari ini ada dari Gerakan Solehah Berbagi berupa nasi kotak, kemudian juga dari Ibu YustikaNika selaku pemilik TK Global Jaya yang setiap jumat selalu bersedekah makanan, serta ada juga persoarangan yang selalu menyedekahkan makanan kesini. Kami sebagai pengurus masjid hanya menyalurkan apa yang dimanahkan yang bersedekah untuk dibagikan. Makanya dilaksanakan makan bersama,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Jun tersebut mengatakan, upaya mempererat silaturahim tersebut juga upaya untuk mengajak warga khususnya umat muslim memakmurkan masjid dengan bergaia kegiatan ibadah. Baik itu shalat fardhu berjamaah maupun kegiatan ibadah lainnya, yang tentunya tidak melenceng dari syariat Islam.

“Pada saat makan bersama kan dengan masyarakat selalu berbincang-bincang, nah, dari situlah kita selalu melakukan pendekatan kepada warga, dan mengajak warga untuk sama-sama meramaikan masjid ddengan berbagai kegiatan ibadah. Semoga Masjid As Shobirin serta masjid-masjid lainnya di Melawi kedepannya makmur semua, sehingga jamaah yang melaksanakan ibadah rutin lima waktu di masjid semakin membludak,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.