Peringatan HUT RI ke 74, Momentum Membangun Pribadi Lebih Baik

MELAWI,KN-Dengan bertambahnya umur negara, maka rkayat Indonesia juga harus semakin hari harus semakin baik untuk menuju sukses hidup kita sebagai bangsa dan Negara. Hal itu disampaikan Bupati Melawi, Panji usai upacara Peringatan HUT Republik Indonesia ke 74 di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan, Sabtu (17/8). Ia berpesan agar peringatan HUT RI terus menjadi momentum membangun pribadi lebih baik serta terus mengisi kemerdekaan.
Ia menuturkan, paada peringatan HUT RI, semoga semua rakyat terus tulus dan ikhlas bekerja keras dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menciptakan kehidupan rukun dan damai bersatu padu sebagai keluarga besar serta saling menghormati satu sama lain.
“Jauhkanlah dari hal hal yang bisa merugikan kita semua dan mari ikut mengisi kemerdekaan dengan menciptakan kehidupan yang makin berkualitas, berbudaya dan karakter. Bukan hanya ikut ikutan, tapi kita punya prinsip serta taat hukum,” ujarnya.

Pasukan pengibar bendera ketika melakukan pengibaran bendera

Lebih lanjut Ia mengatakan, usia 74 tahun baru Republik ini tentu merupakan usia yang dewasa. namun, ia tetap mengingat semuanya untuk terus bekerja keras diberbagai bidang sesuai peran dan porsi masing-masing. “Tidak ada yang terlalu hebat dan tidak ada yang tidak berarti. Kita ini semua sama sebagai warga negara yang baik, cinta tanah air, bangsa dan negara,” katanya.
Melawi, sebagai kabupaten baru, kata Panji, perlu mengupayakan terus potensi yang dimiliki untuk menuju arah yang lebih maju dan berkembang mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain yang ada di Kalbar secara khusus serta di Indonesia secara umum.
“Upaya yang pertama dilakukan tentu mempersiapkan sumber daya manusia yang baik. Wajib masyarakat dan lembaga pendidikan mengupayakan kualitas SDM yang tangguh dan siap dengan perubahan zaman,” katanya.
Kemudian lanjut Panji, menciptakan berbagai sumber sumber pendapatan daerah, membangun investasi yang positif dan benar untuk meningkatkan ekonomi MELAWI. Sehingga makna daerah yang mandiri dan matang tanpa ekonomi yang kuat tak akan tercapai “Sehingga menciptakan suasana bagaimana ekonomi bisa meningkat itu sangat penting,” katanya.
Ketua DPRD melawi ketika membacakan teks proklamasi pada upacara peringatan HUT RI ke 74

Sebelumnya, Bupati Melawi, Panji menjadi inspektur upacara HUT RI ke 74. Sementara Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin didaulat menjadi pembaca teks proklamasi. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Melawi, Abdul Bar.
Turut hadir dalam upacara HUT RI yakni Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Rahmat Basuki, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin, pimpinan dan anggota DPRD Melawi, Sekda Melawi, kepala OPD, pimpinan ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama serta sejumlah tamu undangan yang duduk bersama di Tribun Stadion.
Sedangkan peserta upacara terdiri dari jajaran TNI, Polri, Satpol PP, ASN, TKD, pelajar serta anggota Pramuka. Pemimpin upacara pengibaran bendera merah putih yakni AKP Primastya Dryan Maestro dari Polres Melawi.
Tepat pukul 10.00 WIB, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi resmi dimulai. Pasukan pengibar bendera dikomandani Ipda Renov Waras T yang juga menjabat sebagai Kanit Lidik Satreskrim Polres Melawi. Sedangkan anggota paskibra Melawi yang terpilih sebagai pembawa baki untuk menerima bendera dari Inspektur Upacara yakni Julianti, dari MA BMP Nanga Pinoh.
Tiga pengibar bendera yang terpilih yakni Teo Jil Chrisha dari SMA Permata Kasih, Ajri Hirpada Najmi dari SMA negeri 1 Nanga Pinoh serta Dio Muhyidin juga dari SMA negeri 1 Nanga Pinoh.
Dandim 1205, Letkol Inf Rahmat Basuki menilai pelaksanaan upacara HUT RI di Melawi berjalan dengan baik dan sukses. Ia juga mengapresiasi seluruh tahapan berjalan dengan aman dan lancar.
“Kita mengapresiasi keterlibatan seluruh komponen, terutama pelajar sangat antusias. Sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini SDM Unggul, Indonesia Maju. Seluruh elemen masyarakat termasuk pelajar dan pemuda untuk mesti menempa diri sehingga nantinya mampu menjadi SDM unggulan dan membawa kemajuan bagi Republik Indonesia,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.