Peringati Hari Bumi, IMPA Gandeng Polres Tanam Pohon

MELAWI-Memperingati hari bumi sedunia, Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam (IMPA) STKIP Melawi menggandeng Polres Melawi melakukan penanaman berbagai bibit pohon buah di Lingkungan Polres Melawi. kegiatan tersebut bertemakan ‘Kepedulian Generasi Millennial Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup’.
Ketua IMPA Melawi, Elmiyati mengatakan, kegiatan peringatan hari bumi sedunia seyokyanya dilaksanakan pada 22 April 2019. Dimana IMPA setiap tahunnya melaksanakan kegiatan yang sama dan bergandengan tangan dengan berbagai organisasi yang berbeda.
“Kali ini kami bergandeng dengan pihak Polres Melawi untuk melakukan penanaman pohon di lingkungan Polres Melawi. Sehingga nantinya pohon-pohon tersebut dapat menghijaukan lingkungan Polres Melawi,” katanya, kemarin.
Wakapolres Melawi Kompol Jajang yang pada kegiatan itu ikut melakukan penanaman pohon menyampaikan kegiatan penanaman pohon ini tentunya bentuk wujud dari kecintaan terhadap lingkungan. Dimana seharusnya manusia wajib mencintai lingkungan, bukan malah sebaliknya, merusak lingkungan. “Ini sebagai bentuk aksi nyata kita untuk lebih mencintai kelestarian bumi ini,” ucapnya.
Menurutnya, memperingati hari bumi ini kebanyakan hanya diketahui dan diperingati para aktivis peduli lingkungan saja di seluruh dunia. Di sisi lain, peringatan hari bumi sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis, namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan.
“Berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi ini telah menyebabkan degradasi lingkungan hidup. Akibatnya, secara tidak langsung banyak terjadi berbagai bencana alam, seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Kerusakan lingkungan disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini,” ujarnya.
Dilain tempat, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin mengatakan, kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup dengan menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan sangat penting dilakukan pada saat ini. Mengingat semakin meningkatnya suhu bumi ditandai dengan sedikit demi sedikit mencairnya es di Kutub Utara serta Kutub Selatan. “Es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencakup 10 persen dari permukaan Bumi ini, jumlah es diperkirakan mencapai 5 miliar kubik. Apa yang terjadi pada dunia, khususnya Indonesia bila seluruh es tersebut meleleh,” katanya.
Menurutnya, peta memperlihatkan bahwa ketika seluruh es meleleh, permukaan laut akan semakin tinggi, banyak daratan hilang, pegunungan jadi pulau, dan manusia bakal merugi. Di peta wilayah Asia, bisa dilihat dampak melelehnya es kutub pada Indonesia. Terlihat, garis pantai lebih menjorok ke dalam. Artinya, daratan Indonesia akan berkurang secara signifikan dan berubah menjadi lautan.
“Oleh sebab itu, Mari kita bersama mencintai Bumi kita ini jangan melakukan pembalakan liar, pembakaran hutan yang berakibat buruk bagi kelangsungan semua mahluk hidup di Bumi ini. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IMPA STKIP Kabupaten Melawi berperan aktif mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan.,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.