Peringati Kartini, PKK Laksanakan Program Zero Sampah Palastik

MELAWI- Dalam memperingati hari Kartini tahun ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi tidak hanya memiliki sejumlah serangkaian kegiatan, melainkan juga akan menjalankan program TP PKK Nasional yakni zero sampah plastik. Dimana program tersebut mengajak para wanita dan ibu-ibu sama-sama mengkampanyekan zero sampah plastik.
“Karena sampah plastik sangat merusak lingkungan, bahkan untuk pengurauannya butuh waktu bertahun-tahun. Makanya kami mengkampanyekan zero sampah plastik ini,” kata Ketua TP PKK melawi, Nurbetty Eka Muslyastri Panji, Senin (22/4).
Serangkaian kegiatan lainnya, juga berkaitan dengan bagaimana mengolah sampah plastik sebagai bahan daur ulang. Yakni menggelar lomba fasion dengan bahan daur ulang dari sampah plastik . “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini paling tidak mengurangi sampah plastik,” paparnya.
Ia mengatakan, program tersebut juga dimulai dari diri sendiri, dengan mengurangi sampah plastik dari rumah tangga. Karena banyaknya sampah plastik tersebut sumber paling banyaknya adalah dari sampah rumah tangga.
“Dalam setiap kegiatan kami tidak akan menyiapkan minuaman dari plastik-lastik dan kami mengajak untuk setiap orang membawa botol minuman masing-masing. Kami hanya menyiapkan air galon yang nantinya diisi ulang, dengan begitu paling tidak sampah plastik bisa berkurang,” ujarnya.
Ia mengatakan, karena zero sampah plastik tersebut merupakan program dari TP PKK Pusat, maka upaya ini dilakukan secara tersistim, kepada PKK Kecamatan dan PKK Desa. “Kepada PKK jajaran tingkat bawah sudah kami lakukan,” paparnya.
Pihaknya juga menargetkan sekolah-sekolah untuk mengkampanyekan zero sampah plastik tersebut. maka pada pawai peringatan hari kartini nanti kita mengundang pihak-pihak sekolah juga. “Mudah-mudahan upaya ini bisa berjalan lancar,” ucapnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.