Persiapan Matang, Hari Ini Pelantikan Anggota DPRD Melawi Terpilih  

MELAWI,KN-Setelah seluruh tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melawi dilakukan, akhirnya tahapan terakhir pemilu 2019 dilakukan. Yakni pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Melawi yang terpilih pada Pemilu serentak 2019. Pelantikan dan pengambilan sumpah sebanyak 30 anggota DPRD Melawi periode 2019-2024 tersebut, akan dilaksanakan pada hari Senin (9/9) siang diruang paripurna kantor DPRD Melawi. Pelantikan tersebutpun sudah dipersiapkan jauh-jauh haridipersiapkan oleh Sekretariat DPRD, baik secara administratif maupun persiapan fisik untuk kelancaran acara.

Plt Sekretaris DPRD (Sekwan) Melawi, Alamsyah menyebut, saat ini hingga Sabtu sore (7/9), pihaknya telah mematangkan persiapan mencapai 60 persen. Kemudian persiapan pada Minggu (8/9) sudah 100 persen, termasuk undangan sudah kami sebarkan sekitar 600 lembar. “Intinya kami dari Setwan telah siap untuk melakukan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut,” terangnya, kemarin.

Lebih lanjut Alamsyah menjelaskan, terkait pengamanan, pihaknya melibatkan personel Polres Melawi, termasuk Satlantas untuk mengatur lalu lintas dan didukung instansi terkait dari Pemkab Melawi. pihaknya juga meminta dukungan masyarakat melawi agar pelaksanaan hajat lima tahunan ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

Anggota DPRD yang akan dilantik tersebut sebanyak 30 anggota. Sebagaimana dirincikan sesuai perolehan yakni  Partai NasDem 6, PDIP 4, Golkar 4, PAN 4, Partai Gerindra 4, Partai Perindo 2, PPP 2, Partai Demokrat, PKB, PKS dan Partai Hanura masing-masing 1 kursi.

Sebagai bagian dari persiapan tersebut adalah gladi resik pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Melawi terpilih periode 2019-2024 yang dilaksaakan pada Sabtu (7/9) sore, di ruang paripurna Kantor DPRD.  Dimana pada gladi tersebut tidak semua anggota DPRD terpilih yang mengikuti gladi itu. Pada gladi resik, juga dilaksanakan pergantian pimpinan dewan sementara dua orang, yakni kepada Widya Hastuti dari Partai NasDem dan Hendegi Januardi UY dari PAN.

Alamsyah menuturkan, digelarnya gladi resik, agar saat pelantikan nanti para anggota DPRD Melawi yang baru sudah mengetahui apa yang akan dilakukan. “Mereka kita latih, mulai dari memasuki ruang paripurna, hingga prosesi penempatan tempat duduk sampai proses pembacaan sumpah janji dan bagian lain yang berhubungan dengan pelantikan sampai selesai,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.