Peduli Kabut Asap, PMI dan LKKS Melawi Bagikan 1000 Masker Gratis

MELAWI,KN- Musim kemarau saat ini membuat tingkat pencemaran udara terjadi, baik dikarenakan kabut asap akibat Karhutla maupun akibat debu yang berterbangan, yang sangat dikhawatirkan akan menjadi penyebab Inpeksi Pernapasan (ISPA) juga mesti harus diwaspadai. Untuk mengantisipasi ena ISPA akibat kabut asap dan debu, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Melawi membagikan maskes gratis sebanyak 100 lembar, Jumat (9/8) di Kecamatan Belimbing.

Ketua LKKS dan PMI kertika menyampaikan himbauan kepada para pelajaar agar enjaga kesehatannya pada musim keramau saat ini–Istimewa

Ketua PMI sekaligus ketua LKKS Melawi, Nurbetty Eka Musyastri Panji mengatakan, pembagian masker gratis tersebut sebagai upaya mencegah terjadinya penyakit ISPA. Sebab dimusim kemarau seperti saat ini, penyakit yang sangat rentan terjadi terhadap masyarakat, khususnya pengguna jalan adalah penyakit IPSA.
“Terjadinya Karhutla disejumlah titik menjadi penyebab timbulnya kabut asap. Tidak hanya itu, musim kemarau saat ini juga menimbulkan debu yang berterbangan. Sehingga akan menganggu pernapasan pengguna jalan atau pengendara,” katanya.
Lebih lanjut, Permaisuri dari pria nomor 1 di Melawi itu mengatakan, pembagian maskes dilakukan di jalanan tepatnya di Simpang batu Buil dan diberikan kepada setiap pengendara yang lewat. Selain itu juga diberikan kepada para pelajar di sejumlah sekolahan yang ada di Belimbing.
Para pelajar antusias menggunakan masker yang dibagikan PMI dan LKKS Melawi secara gratis—Istimewa

“Selain membagikan masker. Kami juga mengingatkan, khususnya kepada para pelajar agar selalu menjaga kesehatannya dengan tidak sembarangan jajan. Kita juga mengingatkan kepada pelajar, agar pada musim kemarau saat ini banyak-banyak minum air putih, Jangan jajan makanan yang tidak tertutup, jangan lupa cuci tangan sebelum makan dan selalu memakai masker,” katanya.
Wanita yang akrab disapa Astrid menambahkan, pihaknya juga akan membagikan masker di wilayah Nanga Pinoh. Dimana banyak pengendara yang lalu lalang dipasaran serta banyaknya anak-anak yang dibawa berkendaraan berotor sehingga rentan terkena ISPA. “Semoga pembagian masker yang kami lakukan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.