Poktan “Daya Usaha” Ucapkan Terima Kasih Kepada Babinsa

SAMBAS, KN – Sertu Aliyanto Babinsa Desa Matang Danau mewakili Danramil 1202-05/Paloh menghadiri acara panen padi dan temu lapang demfarm padi di Dusun Perigi Nyatuk, Desa Matang Danau, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Juma’at (2/8/19).

Hadir pada acara tersebut, Kepala BPTP Kalbar dr Akhmad Musyafak, Sp, Mp., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Sambas, Camat paloh Bapak Suhaimi, Danramil 05/Paloh, diwakili Babinsa Ds. Matang Danau Sertu Aliyanto, Unsur pegawai Kec. Paloh, Kepala Desa Matang Danau dan Kelompok Tani Daya Usaha.

Demfarm padi Inpari 32 dan 46 dilahan seluas 5 hektar milik kelompok tani “Daya Usaha” yang di ketuai Bpk. Saidi ini merupakan salah satu metode penyuluhan dilapangan untuk memperlihatkan secara nyata cara atau hasil penerapan suatu inovasi teknologi padi yang telah teruji yang diharapkan dapat menguntungkan bagi para petani.

Selain teknologi, alat mesin pertanian (Alsintan) dan dengan pengetahuan SDM di bidang pertanian yang mumpuni dalam diri seorang penyuluh pertanian juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Dengan adanya Demfarm padi ini kedepan hasil panen dapat lebih meningkat sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan para petani juga dapat mewujudkan swasembada pangan diwilayah Kab. Sambas.

Sementara itu, Sertu Aliyanto Babinsa Desa Matang Danau menuturkan, dengan sistem pertanian ini diharapkan kelompok tani dapat meningkatkan produksinya dengan biaya yang terjangkau. Juga menghimbau kepada masyarakat mau beralih ke Pertanian Organik secara bertahap.

“Kami para Babinsa siap mendukung dan mendampingi kelompok tani, untuk mensukseskan pertanian di wilayah binaan,” ujar Sertu Aliyanto.

Bapak Saidi sebagai Ketua Kelompok Tani Daya Usaha mengaku senang dan bangga karena hasil panen padi yang di capai saat ini lebih sukses. Hal tersebut bisa terwujud karena Babinsa dan PPL selalu memberikan pendampingan kepada petani dari kegiatan penyuluhan, pengolahan lahan, bercocok tanam sampai panen,” ungkapnya. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.