Polres Melawi Gelar Rakor persiapan Ops Liong Kapuas 2019

MELAWI – Menjelang pelaksanaan tahun baru Imlek 2570 dan Cap Go Meh, Polres Melawi melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral dengan instansi terkait di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Kamis (31/1/2019).

Kegiatan yang dihadiri Forkopinda, tokoh masyarakat dan tokoh agama tersebut membahas mengenai persiapan operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi Liong Kapuas 2019 yang akan dilaksanakan untuk perisapan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin dalam sambutannya mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dalam tugas pokok masing-masing, sudah sampai mana kesiapannya. Rakor ini melibatkan lintas sektoral karena dalam menjelang pelaksanaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh selalu terjadi lonjakan barang dan orang, maka dari itu perlu koordinasi lintas sektoral.

“Operasi ini berlangsung selama 17 hari. Ini adalah operasi besar, dikoordinasikan dengan baik, baik dari pihak panitia, Polisi, maupun tokoh-tokoh lainnya beserta instansi terkait bersenergi untuk mensukseskam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 tahun 2019 ini. Operasi ini bagian dari manajemen, jadi harus dilaksanakan dengan baik. Apabila ada perubahan dalam kegiatan dikomunikasikan dengan baik, baik dari panitia maupun instansi terkait. Lakukan cek, ricek, kroscek dan final cek, demi kelancaran daripada Operasi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakapolres Melawi Kompol Jajang menambahkan, kepada Pihak Panitia diharapkan agar estimasi jumlah Naga dan Tatung serta massa khususnya dari rombongan atau undangan untuk disampaikan kepada Polres Melawi. Hal itu agar dapat mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan serta menyarankan kepada Pihak Panitia terkait kelibatan budaya – budaya lain agar tidak menghadirkan simbol-simbol agama untuk menghindari terjadinya polemik, ucapnya.

Ia juga meminta detail kegiatan dari panitia pelaksana Imlek dan Cap Go Meh baik yang di tingkat Kabupaten Kota maupun ditingkat Kecamatan, untuk dikoordinasikan lebih lanjut bersama panitia setelah selesai Rakor Linsek ini.

Sebab target utama dari pada operasi liong kapuas 2019 adalah untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas, agar seluruh umat baik yang melaksanakan maupun hanya sekedar menonton merasakan keamanan dan kenyamanan selama kegiatan Imlek dan Cap Go Meh ini.

“Harapannya jangan sampai timbul masalah atau kejadian menonjol lainnya, oleh sebab itu perlu perhatian dan keseriusan seluruh instansi yang ada untuk mendukung kelancaran “ ucapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala DPMPD Kabupaten Melawi Drs. H. Junaidi mengatakan, bahwa Rakor ini penting untuk dilaksanakan. Perlu dilakukan berbagai macam persiapan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan selama acara berlangsung.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi sangat mendukung pelaksanaan operasi liong kapuas 2019 serta ikut berperan dalam menyukseskan Imlek dan Cap Go Meh ini. Menjelang Imlek harus diperhatikan juga ketersediaan 9 bahan pokok di Kabupaten Melawi ini. Jangan sampai ada oknum yang melakukan propaganda untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.