Polres Melawi Tilang 571 kendaraan Pada Operasi Patuh 2018

MELAWI – Operasi Patuh 2018 yang dimulai sejak 26 April lalu, hingga saat ini sudah menjaring sebanyak 708 pelanggar. Namun dari jumlah tersebut hanya 571 pelanggar yang dikenakan tilang dan 137 pengendara lagi hanya diberikan teguran.

Kasat Lantas Polres Melwi, AKP Aang Permana mengungkapkan 571 pelanggar masih didominasi pengendara roda dua. Pelanggaran tertinggi yakni tak menggunakan helm sebanyak 280 pengendara dan melawan arus dengan total 147 pengendara.

“Dari tujuh prioritas pelanggaran lalu lintas, penggunaan helm dan melawan arus paling banyak yang kita jaring selama Operasi Patuh. Sisanya ada pengendara dibawah umur sebanyak 49 kasus, menggunakan hp saat berkendara 5 kasus, serta tak memakai sabuk pengaman 18 kasus. Ada juga pelanggaran menerobos lampu merah dengan total 72 kasus,” paparnya, Senin (7/5).

Untuk mempermudah dalam melakukan penilangan tersebut, saat ini pihak Satlantas Polres Melawi sudah membuat Polantas Corner sehingga mereka yang terkena tilang bisa mendapatkan pelayanan pembayaran tilang yang lansung online ditempat.

“Jadi pengendara yang terjaring razia bisa mendatangi Polantas Corner untuk menukarkan barangbukti maupun pembayaran tilang online yang sudah disediakan petugas bank serta tersedianya mesin EDC bagi yang membayar dengan menggunakan ATM,” katanya.

Polantas Corner ini juga, kata Aang berfungsi memberikan informasi pada masyarakat terkait mekanisme dan cara membayar denda tilang online. Di Polantas Corner, terdapat petugas yang siap memberikan penjelasan dan informasi.

“Karena sejak pemberlakukan tilang online ini sejak setahun lalu, masih saja ada masyarakat yang bingung terkait cara membayar atau implementasinya. Karenai itu, kita juga menyiapkan petugas untuk memberikan penjelasannya di Polantas Corner,” pungkasnya. (Edi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.