PT PLN Sosialisasi Penetapan Harga SUTT 150 kV Desa Peniti Sekadau

SEKADAU – PT PLN adakan Sosialisasi dan penetapan nilai kompensasi ROW Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tayan, Sanggau, Sekadau bertempat di Kantor Desa Peniti Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (29/11/18).

Dalam kegiatan sosialisasi ini pemaparan materi dari PT PLN Persero, Kumara Bagus dan dari Jasa Penilaian Publik Martinus Suprianto.

Kumara Bagus menuturkan, bahwa dalam penentuan dan penetapan harga kompensasi bukan ditentukan oleh pihak PT PLN tetapi berdasarkan hasil penilaian dari Jasa penilaian publik.

Dari jasa penilaian publik, Martinus Suprianto menuturkan, penetapan harga di Desa Peniti adalah yang ke – 13. Untuk di Sekadau Hilir adalah sosialisasi yang ke – 2.

Martinus melanjutkan, nikai kompensasi berdasarkan Permen ESDM nomor 27 tahun 2018 tentang pemberian kompensasi.

“Dalam melakukan penilaian, kami berdasarkan Standar Penilaian Indonesia (SPI) tahun 2015,” ucapnya.

Khusus Desa Peniti kata Martinus, yang dilewati oleh Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) seluas, 13. 6519 meter persegi kurang lebih 60 Kepala Keluarga (KK), melewati 1 unit rumah tinggal dan 1 unit bangunan pasar.

Nilai kompensasi disini lanjutnya, yakni nilai kompensasi atas tanah, bangunan dan tanam tumbuh. Selain itu,
yang kami maksud disini adalah penilaian kompensasi, bukan ganti rugi. Karna, tanah dan bangunan yang dilewati oleh SUTT tidak diambil alih oleh PT PLN Persero.

“Harga kompensasi berdasarkan standar harga di pinggir jalan yakni 49. 000 rupiah sampai 100.000 rupiah. Selain itu, apakah tanah itu bersertifikat atau tidak,” paparnya.

Demikian juga lanjutnya, dengan hitungan biaya tanaman yang masih kecil, yang kami nilai adalah unsur biaya pembelian bibit, biaya perawatan dan jasa perawatan. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.