Ramah Tamah Dengan Direktur Bina Potensi BASARNAS RI, Bupati Minta Pegawainya Dilibatkan Dalam Pelatihan

oleh
oleh

SINTANG – Sekitar ratusan undangan pada hari Minggu, (24/03/2019) malam mengahadiri undangan acara Ramah Tamah Pemerintah Kabupaten Sintang dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sintang dengan Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS)- RI Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya,SE.MM yang dihadiri secara langsung Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, di Pendopo Bupati Sintang.

Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, menayatakan, dengan wilayah luas Kabupaten Sintang Dua Puluh Satu Ribu Kilometer persegi, seluas propinsi jawa barat dengan jumlah sebanyak Tiga Ratus Sembilan Puluh Satu Desa dalam Empat Belas Kecamatan dengan kondisi sarana transportasi darat dan sungai yang masih cukup sulit ini ditambah dengan kegawat daruratan kebakaran hutan dan lahan, serta sering terjadi banjir juga kecelakaan di sungai dan sering terjadi tanah longsor di beberapa daerah kegiatan pelatihan Search And Rescue (SAR) sangat diperlukan.

“kami juga telah menetapkan kegawat daruratan infrastruktur dasar itu salah satu Prime Mover yang harus kami kerjakan selama lim tahun ini , sehingga berbagai bentuk kejadian bencana dan kegawat daruratan selalu kami antisipasi, karena kami belum memiliki kapasitas dan tenaga , dan selama ini hanya memfungsikan relawan kami angggota Tagana, serta saudara kita dari TNI/Polri , sehingga dengan hadirnya Basarnas ini memberikan energy baru dan warna baru sehingga kami menyambut baik kehadiran Basarnas , bahkan ingin mengikat dengan suatu kerjasama yang tersinergikan, kami memiliki pasukan Sat Pol PP, Damkar, yang mungkin apabila diberikan training atau pelatihan dari Basarnas mungkin mereka akan lebih berkwalitas , dan kami juga sudah mengirim sekitar 32 putra-putra Sintang untuk mengikuti training di Basarnas, hasilnya cukup bagus” jelas dr. Jarot Winarno,M.Med,PH.

Menurut Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, kedepan apabila perlu para pegawai di lingkungan kabupaten Sintang juga diberikan pelatihan Basarnas , mengingat respon pelatihan ini sangat besar”seperti teman-teman rumah sakit termasuk teman-teman dari puskesmas juga ingin dilibatkan dalam pelatihan Basarnas”.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan(BASARNAS)- RI Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya,SE.MM , mengatakan bahwa Pos SAR yang didirikan di Kabupaten Sintang , selama ini masih terkendala dengan personil kami yang masih terbatas, hanya sebanyak 8 orang ,” namun saya sangat berterimaksih sudah mendapatkan dukungan dari Bupati Sintang , beberapa tenaga honorer yang akan dilatih menjadi Tim SAR pada hari ini Senin ,25/03/2019 , agar bisa membantu para personil Pos SAR di Kabupaten Sintang dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan apabila ada kejadian atau bencana maupun kecalakaan di darat, air dan udara”.

Pada acara Ramah Tamah Pemerintah Kabupaten Sintang dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Sintang dengan Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS)- RI Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya,SE.MM yang dihadiri Bupati Sintang dr. Jarot Winarno,M.Med,PH, pada hari Minggu, 24/03/2019 malam , juga Danrem 121 Alam bana Wana Wae, Dandim 1205 Sintang, Para Asisten Pemkab Sintang, Kajari Sintang, Pimpinan Bank Kalbar Cabang Sintang, OPD, Forkopimda Sintang, Kepala Search And Rescue (SAR) Pontianak, Pengurus Pos SAR Sintang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta undangan. (*)