Sambut Tahun Baru Islam, Desa Paal Gelar Berbagai perlombaan

MELAWI – Menyambut tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, warega Desa Paal menggelar berbagai perlombaan yang dipusatkan di Jalan Tengah. Kegiatan yang dimulai sejak 12 September 2018 itu akan berlansung hingga hingga beberapa hari kedepan.

Ketua Panitia pelaksana, Subarjo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar keinginan masyarakat. yang mana untuk melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya hanya mengandalkan dana seadanya yang disumbangan dari masyarakat.

“Kita sudah mengusulkan ke desa, namun tidak ada bantuan dari desa. Namun karena kami yakin kegiatan ini tetap dilselenggarakan meskipun tanpa bantuan dari desa, dan alhamdulillah bisa dilaksanakan,” ungkapnya, Kamis (13/9).

Ia mengatakan, berbagai perlombaan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut semuanya berkaitan dengan pendidikan dan syiar Islam. Dimana perlombaan itu tidak hanya untuk anak-anak saja, namun juga menyediakan perlombaan untuk orang dewasa. “Untuk yang mendaftar, kami tidak memungut biaya, karena kami ingin masyarakat bisa ikut dalam perlombaan ini,” ujarnya.

Jenis-jenis perlombaaan yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut diantaranya, untuk tingkat anak-anak diantaranya pawai obor, lomba adzan, lomba hapalan surat pendek, tartil, tilawah, lomba sholat berjamaah dan hiburan rakyat. Sementara untuk tingkat dewasa umum, lomba kasidah, lomba lagu religi.

“Selain menysiarkan islam serta pembinaan kepada anak-anak, kegiatan ini kami laksanakan untuk mencari bibit-bibit berbakat yang nantinya akan kami bawa dalam pelakssanaan MTQ tingkat desa atau tingkat kecamatan, dan bahkan membawanya ketingkat Kabupaten jika memungkinkan mewakili kecamatan,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa sabar tersebut mengatakan, lomba-lomba menyambut tahun baru Islamitu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah sudah dua tahun ini kami melaksanakan kegiatan ini tanpa bantuan dana dari desa. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya, dengan bantuan dan dukungan desa serta masyarakat,” pungkasnya. (Edi/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.