Sambutan Bupati Rupinus Saat Hadiri Rakornis Se-Kalbar Di Sekadau

SEKADAU – Rapat Koordinasi Teknis Bidang Organisasi se-Kalimantan Barat tahun 2018 di Kabupaten Sekadau di gelar di Gedung Penanjung Island, Rabu (18/4/18).

Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si dalam sambutannya mengucapkan, “selamat datang kepada Ibu Asisten, nara sumber dari Kementerian Dalam Negeri dan seluruh peserta Rakornis dari Pemprov Kalbar dan Kabupaten/Kota se-Kalbar di Bumi Lawang Kuari Sekadau.

Selanjutnya Bupati Rupinus memaparkan bahwa, Kabupaten Sekadau terdiri dari 7 (tujuh) Kecamatan dan 87 (delapan puluh tujuh) Desa dan 7 Desa persiapan dengan luas wilayah 5.444, 3 Km” dan jumlah penduduk sebanyak 209. 737 jiwa. “Kabupaten Sekadau dihuni oleh masyarakat berbagai suku dan agama yang hidup tentram dan damai,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebagian besar masyarakat Kabupaten Sekadau bekerja disektor pertanian terutama sawit dan karet, sebagian berladang, disektor perdagangan, jasa dan administrasi pemerintahan.” Laju pertumbuhan PDRB Sekadau tahun 2016 mencapai 5,93 persen dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 19,76 persen,” tuturnya.

Selain itu Bupati Rupinus katakan, Pemkab Sekadau telah melakukan penataan terhadap kelembagaan perangkat daerah yang ada dengan menetapkan Perda nomor 04 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten sekadau.

“Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sekadau terdiri dari 2 (dua) sekretariat,15 (lima belas) Dinas Daerah, 6 (enam) Badan, 1 (satu) Inspektorat, 1 (satu) Satuan Pol. PP, 1 (satu) RSUD dan 7 (tujuh) Kecamatan,” paparnya.

Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Sekadau berdasarkan Simpeg tahun 2017 sebanyak 3.018 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1.754 orang dan perempuan sebanyak 1.263 orang. Kabupaten Sekadau sudah menyusun Anjab dan ABK untuk semua SKPD dan telah ditetapkan oleh Bupati Sekadau. “Diharapkan Anjab dan ABK yang sudah disusun dapat menjadi dasar penyusunan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS di Kabupaten Sekadau,” harapnya.

Selanjutnya ia katakan, Kabupaten Sekadau baru saja melantik 5 (lima) orang dalam jabatan fungsional Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah (P2UPD). Selain itu, Kabupaten Sekadau telah 2 (dua) kali melaksanakan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk 9 (sembilan) JPT Pratama.

Pemkab Sekadau telah berupaya untuk meningkatkan kwalitas akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten diantaranya, melakukan review terhadap RPJMD Kabupaten tahun 2016-2021. Review dilakukan terhadap perencanaan strategis dan indikator kinerja utama Pemkab Sekadau. Kemudian, melakukan cascading keselarasan Pemkab ke SKPD.

Diakhir sambutannya Bupati katakan, ” semoga Rakornis ini dapat menghasilkan pemikiran – pemikiran, ide-ide atau solusi yang dapat menjadi rekomendasi yang dapat kita sampaikan ke Pemerintah Pusat untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintah Nasional khususnya Provinsi Kalimantan Barat,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Sekadau, Rupinus dan Sekda Kabupaten Sekadau, H Zakaria Umar menyerahkan Plakat dan Cendra Mata untuk Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Sekadau H Zakaria Umar, Asisten Administrasi dan Umum Provinsi Kalbar, Dra. Marlyna, M. Si, Kepala Biro Organisasi dan Kepala Bagian dilingkungan Biro Administrasi Provinsi Kalbar, Nara Sumber dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Para Asisten Kepala Bagian Organisasi, Kasubbag pada Bagian Organisasi Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalbar dan seluruh peserta Rakornis Bidang Organisasi se-Kalimantan Barat. (AS /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.