Sebanyak 25 Haktar Lahan Karet di Senempak Terbakar

Melawi (Kalimantan-News), Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Melawi masih saja terjadi. Kali ini terjadi di Desa Senempak Kecamatan Pinoh Selatan. Sebanyak kurang lebih 25 haktar lahan yang terbakar diantara adalah lahan karet milik PT Cakra Waka dan Lahan milik masyarakat.
“Kejadiannya Di Dusun Pengayang Desa Senempak. Kebakaran tersebut sudah terjadi sejak Kamis kemarin. Teman-teman Satgas Karhutla masih berada di lapangan berusaha melakukan pemadaman,” kata Kepala Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syaparuddin, Jumat sore (20/9).
Lebih lanjut Ia mengatakan, Lahan tempat kejadian berada di Bukit Mandau Desa Senempak Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi. “Luas Areal yang terbakar kurang lebih 25 Hektar terdiri dari lahan kering, ilalang dan berbukitan dan lahan yang masih atau sedang terbakar api yang belum bisa dipadamkan kurang lebih 15 Hektar. lokasi Lahan PT. Cakrawala,” katanya.
Syaparuddin mengatakan, upaya pemadaman yang dilakukan saat ini, Satgas Gabungan Karhutla Bekerjasama dengan pihak PT Lahan Cakrawala yakni menerjunkan Satgas Damkar PT. SDK, menerjunkan Karyawan PT. Lahan Cakrawala dan dibantu oleh warga sekitar. Kemudian juga bantuan dari BS-BPK Kecamatan Nanga Pinoh.
“Kami juga menggunakan mesin Pompa Robin, Tengki Air, Jonder dan peralatan penyemprotan solo. Selain itu kami juga melakukan penyekatan agar api tidak merambat luas ke lahan lainnya,” pungkasnya. (Dedi/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.