Sejumlah Anggota DPRD Dampingi Bupati Buka Turnamen Panggi Ruguk

oleh
oleh

SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno membuka Turnamen Panggi Ruguk IV tahun 2018 di Kedembak Air Tabun Desa Panggi Agung Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang Selasa (3/4/18).

Kegiatan tersebut di hadiri Anggota DPRD Provinsi Kalbar Suyanto Tanjung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Terry Ibrahim, Anggota DPRD Kabupaten Sintang Melkianus, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, camat Ketungau Tengah, dan unsur terkait lainya.

Jarot Winarno mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi dan mendukung atas terselenggaranya turnamen panggi ruguk IV ini, terlebih turnamen ini merupakan untuk mengenang sejarah dua pahlawan yang dulu berjuang melawan penjajah yakni panggi dan ruguk 112 tahun yang lalu.

“Jadi anak-anakku sekalian teladani sikap beliau berdua yang berjuang melawan penjajah,jadi hari ini berjuanglah kalian dalam mengikuti turnamen ini dengan jiwa sportivitas, nang belayak (kelai) kalah menang itu biasa karena olahraga itu untuk kita mengasah jiwa dan badan kita” kata Jarot.

Lanjut Jarot bahwa kegiatan olahraga sepakbola, bola volly atau kegiatan olahraga lainnya sangat perlu terus dilaksanakan di desa-desa salah satunya di desa panggi agung ini, karena inilah bentuk bahwa kegiatan olahraga di desa sangat aktif tidak kalah dengan di kota-kota, dimana masyarakat bisa berkumpul saling silaturrahmi dari berbagai daerah terdekat maupun yang jauh.

“disini kita bisa berkumpul saling silaturrahmi,karena kegiatan olahraga seperti ini sangat positif, ini harus kita laksankan tiap tahun, turnamen ini juga cukup lama yakni penutupan 6 Juli nanti ya,mudah-mudahan saya bisa hadir, jadi turnamen ini di jaga hingga berjalan lancar sampai selesai nanti”ungkap Jarot.

Sementara itu ketua panitia Turnamen Panggi Ruguk IV tahun 2018 Teddy mengatakan turnamen panggi ruguk IV ini berlangsung dari 3 April-6 Juli 2018 ini yakni selama 3 bulan 3 hari dan cabang olahraga yang di pertandingkan dalam turnamen ini yakni sepakbola putra, bola volly putra/putri dan badminton tunggal dan ganda putra/putri tingkat remaja.

“Untuk peserta yang ikut dalam turnamen ini berasal dari kecamatan ketungau hulu, ketungau tengah, ketungau hilir serta beberapa desa tetangga dari kabupaten sekadau”kata Teddy.

Adapun jumlah tim yang ikut serta dalam turnamen ini, ungkap Teddy yakni cabang sepakbola diikuti 39 club bola dengan menggunakan sistim kandang tandang dan semifinal baru mengunakan sistem gugur, untuk bola volly putra 10 peserta dan bola volly putri 12 peserta sementara untuk badminton pendaftaran masih di buka.

“Pelaksanaan turnamen panggi ruguk IV ini merupakan sebuah moment dimana masyarakat panggi agung khususnya dan seluruh masyarakat Ketungau Hulu,Tengah dan Hilir untuk memperingati perang panggi ruguk yang merupakan pahlawan yang berasal dari daerah tersebut dalam menumpas penjajah belanda 112 tahun lalu” ujar Tedy.

Masih di tempat yang sama, Anggota DPRD Sintang, Melkianus mengucapkan terima kasih kepada panitia turnamen yang telah menyelenggarakan turnamen ini. dimana menurut pria kelahiran kedembak Air Tabun ini, turnamen Panggi Ruguk ini untuk mengenang sejarah pahlawan yang dulu pernah berjuang melawan penjajah yakni panggi dan ruguk pada 112 tahun yang lalu.

“Semoga dengan diadakannya turnamen ini, kita tidak melupakan perjuangan Panggi dan Ruguk dalam melawan penjajah”, kata Melkianus.(HM)