Sekadau Jadi Tuan Rumah FSBM Ke-XII 2018

oleh

SEKADAU – Kabupaten Sekadau menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-XII Kalbar tahun 2018 yang akan digelar Oktober mendatang.
Renencananya, akan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Bupati Sekadau, Rupinus, SH, M.SI apresiasi kepada panitia kegiatan FSBM ke-XII yang jauh hari telah melakukan berbagai kesiapan. Hal ini, sebagai upaya agar ajang dua tahun sekali itu bisa berjalan dengan baik.

“Segalanya memang harus dipersiapkan dengan matang. Pemkab siap mendukung untuk mensukseskan FSBM ke-XII Kalbar,” ucapnya di ruang rapat Bupati Sekadau, Kamis (15/3/18).

Ia menambahkan, apalagi Kabupaten Sekadau dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan FSBM ke-XII Kalbar. Kesempatan ini sangat jarang karena setelah menjadi tuan rumah tahun ini, 28 tahun kedepan baru Sekadau menjadi tuan rumah lagi.

“Gawai ini bukan hanya gawai provinsi saja, tapi kita semua, mudah-mudahan dengan segala persiapannya, kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai rencana,” kata Rupinus.

Selanjutnya, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau Sunardi menuturkan, FSBM adalah salah satu program DPP MABM Kalbar yang digelar setiap dua tahun sekali.

“Dari 14 kabupaten kota di Kalbar, Sekadau dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan ini, Alhamdulillah Sekadau diberi kepercayaan sebagai tuan rumah. Ini tentunya sebuah amanah,” ucapnya.

FSBM ke-XII ini akan digelar mulai tanggal 22 hingga 28 Oktober mendatang. Kami terus melakukan berbagai persiapan demi mensukseskan kegiatan ini,” kata Sunardi.

Selain itu, ia juga mengapresiasi Pemkab Sekadau yang mendukung kegiatan FSBM ke-XII. Tekadnya, Sekadau harus menjadi tuan rumah yang baik apalagi kegiatan tersebut digelar dua tahun sekali dan bisa menjadi tuan rumah, adalah momen yang sangat langka,” paparnya.

Kegiatan ini tentunya memberikan multiplier efect bagi masyarakat Sekadau. Ribuan masyarakat akan hadir dari sebagai kabupaten dan kota di Kalbar.

“Direncanakan kegiatan ini akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Sekadau, Wakapolres Sekadau, Asiten dan beberapa SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau.
(AS /KN)