Seminar Akhir Pekerjaan Kajian Naskah Akademis Tentang KLA, Ini Kata Aloysius

SEKADAU, KN – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak menggelar seminar akhir pekerjaan kajian naskah akademis tentang Kabupaten Layak Anak, di kantor Bupati Sekadau, Kamis (27/6). Kegiatan ini bekerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Tanjungpura.

“Kegunaan naskah akademis ini nantinya untuk menjadi bahan acuan bagi DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam merumuskan materi muatan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang anak,” ujar Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.

Kemudian menurutnya, ini menjadi bahan masukan kepada pemerintah dan masyarakat mengenai urgensi dan subtansi pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau tentang kabupaten layak anak.

Aloysius mengatakan, Pemerintah Daerah bersama masyarakat dan orang tua perlu melakukan pemenuhan hak anak yang meliputi, Hak Sipil dan Kebebasan kemudian lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

“Tak kalah penting kesehatan dasar anak dan kesejahteraan, kemudian pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan kebudayaan serta yang terakhir perlindungan khusus,” terangnya.

Karena itu menurut Aloysius, berdasarkan pemikiran tersebut dan sesuai UU No 23 tahun 2002 tentang anak maka untuk memenuhi hak anak diperlukan landasan yuridis. Selain itu ini juga menurutnya bentuk kepedulian pemda Sekadau dalam peningkatan sumber daya manusia yang perlu dilakukan sejak dini.

“Tentu harapan kami seluruh anak di Kabupaten Sekadau dapat tumbuh dan berkembang secara wajar baik fisik, mental, intelektual serta adanya jaminan atas hak anak. Selain itu, untuk menuju kabupaten yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak sebagai aset generasi penerus bangsa, pemda Sekadau dan DPRD berupaya menyusun dan membahas Peraturan Daerah tentang kabupaten layak anak,” paparnya. (As)

Sumber: Hms Pemkab Sekadau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.