Awasi Anak Dalam Menggunakan Pelatan Digital

MELAWI – Dalam rangka memperingati perayaan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Melawi tahun 2018, Pemkab Melawi bersama PKK melaksanakan seminar generasi digital dan dampaknya dengan tema Anak Indonesia, Anak Genius (Gesit Empati Berani dan Unggul Sehat), Selasa (24/7) di Pendopo Rumah jabatan Bupati Melawi. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Melawi, dan dihadiri sejumlah kepala SKPD, PKK dan GOW Melawi serta ratusan pelajar dari semua jenjang pendidikan.

Ketua TP-PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji dalam sambutannya mengatakan, pada generasi digital saat ini mengatakan ada nilai plus dan minus. Terutama dalam penggunaan internet bagi generasi anak muda saat ini. Nilai plusnya yakni karena kaum muda ini dapat memanfaatkan internet sebagai-nilai-nilai positif dan pengembangan terhadap diri mereka dan sesama. Tetapi nilai minusnya, mereka dapat menggunakan internet ini sebagai wadah yang destruktif dan dapat menyesatkan.

“Perkembangan teknologi begitu pesat,yang antara lain membuat jarak antar manusia seolah semakin sirna. Relasi sosial kini terjalin melalui jaringan internet dalam ponsel pintar (smartphone). Semua ada di genggaman. Oleh karena itu, tantangan besar bagi orang tua yang berbeda jaman dengan anak digital,” katanya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji mengatakan, Dalam menjawab tantangan mendidik generasi digital, pendidik perlu menggunakan paradigma bahwa teknologi hanya alat untuk membantu mendidik anak tanpa bersikap antipati pada teknologi. Gedget dapat membantu mencari informasi dan menjalin pertemanan.

“Untuk itu saya minta bersungguh-sungguh kepada orangtua yang juga sebagai guru di rumah, dalam penggunaan peralatan digital ini untuk menjadi perhatian kita bersama. Batasi anak menggunakan gedget dan penggunaannya harus selalu dibawah pengawasan penuh orang tua.,” ajaknya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.