Seminar Dan Rakor DAD Sekadau 2018 Menghasilkan 10 Kesepakatan

SEKADAU – Setelah berlangsung selama dua hari, kegiatan Seminar tentang hutan adat dan Rapat Koordinasi ketemenggungan DAD Kabupaten Sekadau 2018 yang digelar di Gedung Kateketik Jalan Merdeka Timur Sekadau Hilir ditutup, pada Sabtu (24/11/18) siang.

Rapat Koordinasi ketemenggungan DAD Kabupaten Sekadau 2018 ini menghasilkan 10 kesepakatan yang ditandatangani oleh Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Welbertus Willy dan Sekretaris DAD, Isbianto. Hasil kesepakatan ini juga mengacu dan berdasarkan pada hasil kesepakatan Rakor DAD pada tahun 2014 lalu.

10 (sepuluh) butir-butir hasil kesepakatan tersebut diatas diantaranya;

Bahwa sepenuhnya bersepakat mempertahankan tanah, hutan adat dan hak ulayat masyarakat dayak di Kabupaten Sekadau sebagai bentuk identitas diri dan jati diri sebagai orang dayak dalam dimensi relegio magis, ekonomis, ekologis dan sosio-politis bagi masyarakat adat dayak.

Menjunjung tinggi pemberlakuan hukum adat oleh masyarakat adat dayak di Kabupaten Sekadau dengan sebenar-benarnya setegak-tegaknya dan seadil-adilnya dalam rangka menciptakan keteraturan hidup dan keseimbangan magis.

Bersepakat menolak segala bentuk premanisme hukum adat pada masyarakat adat dayak Kabupaten Sekadau.

Sambutan ketua panitia, Fran Dawal, SE menuturkan, hasil kegiatan ini akan dibawa pulang oleh peserta Rakor ke desa masing-masing. Selain itu, kita dari panitia juga menyiapkan Piagam bagi peserta

Dawal melanjutkan, dari 7 DAD se-Kabupaten Sekadau, hadir 5 DAD, 59 desa dengan jumlah peserta sebanyak 96 orang. Tolong sampaikan hasil ini kepada teman-teman DAD kita yang tidak hadir.

“Atas nama panitia saya minta maaf yang sebesar-besarnya bila ada kekurangan dan hal-hal yang tidak berkenan selama pelaksanaan Seminar dan Rakor ini,” ucapnya.

Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Welbertus Willy yang sekaligus menutup kegiatan Seminar dan Rakor DAD 2018 menuturkan, Seminar dan Rakor ini merupakan program kerja DAD Kabupaten Sekadau 2018.
Sehabis Rakor ini kata lanjutnya, kami akan mengundang pengurus inti DAD untuk membahas program DAD kedepan.

“Atas nama pengurus DAD Kabupaten Sekadau saya mengucapkan terimakasih kepada Temenggung adat Kecamatan, pengurus DAD kecamatan, Temenggung adat Desa dan Panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini,” tutupnya. (AS/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.