Senen: Sekolah dan Universitas Berperan Penting Dalam Memerangi Narkoba

oleh
oleh
Senen Maryono

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengatakan Dunia Pendidikan di Kabupaten Sintang harus mengambil peran aktif dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Karena sekolah dan universitas merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda yang sering dijadikan sasaran empuk bagi para penjual barang haram tersebut. Peredaran narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, terlebih sasarannya adalah remaja yang justru sedang dalam usia produktif.

“Target pemasaran bisnis barang haram tersebut sudah pada semua kalangan, bukan hanya sekedar menyisir orang-orang dewasa saja, tetapi juga menjadikan anak-anak sebagai target pemasaran,” kata Senen Maryono.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang ini, agar generasi muda Indonesia tidak terjerumus ke dunia narkoba, maka sejak dini mesti ada pemberian pendidikan terkait narkoba, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga di tingkat perguruan tinggi.

“Narkoba ini sangat merusak, jadi kita harus memberikan pendidikan pencegahan dari jenjang pendidikan paling bawah” ucapnya.

Menurut Politisi PAN ini edukasi tentang bahaya narkoba dapat disampaikan kepada peserta didik pada saat pengarahan maupun saat upacara rutin di hari senin, maka dari itu, para pendidik harus tahu tentang bahaya narkoba. Lalu menginformasikan kembali apa yang didapat saat ini kepada sesama rekan pendidik dan kepada para siswa di sekolahnya masing-masing, sehingga dapat membentuk imunitas yang mampu menolak narkoba,” ujar Senen.

Dikatakannya program pendidikan yang efektif dan luas merupakan bagian yang penting dari tindakan penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pencegahan melalui pendidikan sebagai sebuah proses berkesinambungan dengan tujuan menghindari narkoba.

Penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah menjadi sangat mengkhawatirkan. Sebagai Remaja perlu bersiap diri untuk terus memproteksi diri agar tidak terjerumus dengan melibatkan diri pada aktivitas yang positif. Pendidikan akan bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah-sekolah juga merupakan salah satu bentuk kampanye anti penyalahgunaan narkoba.

“Selain itu upaya ampuh guna membentengi diri kita adalah dengan agama, maka di Sekolah pendidikan agama itu penting untuk meningkatkan iman dan taqwa peserta didik,” kata Senen. (*)