Serma Mirwan Lakukan Pendampingan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

KAPUAS, KN – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Babinsa Anjir Kalampan Koramil 1011-07/Mandomai, Serma Mirwan melaksanakan pendampingan pada peternak ikan lele dengan sistem bioflok di Desa Anjir Kalampan Kecamatan Kapuas Barat Kab. Kapuas, Selasa (23/7/19).

Serma Mirwan mengatakan, sistem bioflok tidak diperlukan lahan kolam yang luas untuk budidaya lele. Cukup kolam buatan menggunakan bahan terpal dengan rangka bambu atau besi. Namun, dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin airator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam, tuturnya .

“Untuk bisa memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik pada kolam bioflok, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air, dan suhu air,” ujar Sertu Mirwan.

“Suhu yang berubah-berubah, akan mengakibatkan ikan banyak yang mati sehingga perlu perlakuan khusus agar kondisi kolam tetap stabil sehingga bisa membuat lele berkembang dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1011/Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P mengatakan, kegiatan Babinsa tersebut merupakan suatu wujud kepedulian TNI Angkatan Darat (AD) dalam membantu masyarakat khususnya para petani yang ada di desa binaannya untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Selain membantu petani turun ke sawah para Babinsa juga ikut berperan aktif membina masyarakat terkait program ketahanan pangan,” kata Dandim 1011/Klk.

Sedangkan Bapak Yaner pembudidaya ikan lele mengatakan, sangat berterima kasih kepada Sertu Mirwan selaku Babinsa Koramil Mandomai yang selama ini secara terus menerus memberikan pendampingan budidaya ikan lele.

“Terimakasih pada Babinsa yang selalu mendampingi kami dalam membudidayakan ikan lele, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kami agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” tutupnya. (Pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.