Setelah Mengalami Berbagai Proses Akhirnya APBD MelaWi Disahkan

MELAWI – Dewan Perwakilan rakyat daerah (DPRD) Melawi melakukan raat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD melawi terhadap Raperda tentang APBD Kabuaten Melawi tahun 2019 dan terhadap Raperda-Raperda Kabupaten Melawi tahun 2018. Serta pengambilan keputusan persetujuan DPRD Kabupaten Melawi dan penandatangan nota kesepakatan bersama perbaikan KUA-PPAS RAPBD melawi tahun anggaran 2019 dan penandatangan berita acara bersama persetujuan RAPBD Melawi pimpinan DPRD dan Bupati Melawi serta penandatanganan persetujuan DPRD melawi terhadap raperda-raperda Melawi tahun 2018, Rabu malam (5/12) di ruang rapat paripurna DPRD Melawi.

Pada sidang yang dipimpin langsung Ketua DPRD Melawi Abang Tajudin dihadiri Bupati Melawi Panji dan Wakil Bupati Dadi Sunarya UY sejumlah kepala SKPD serta, LO Kodim, BUMN dan BUMD tersebut, seluruh Fraksi di DPRD Melawi menyetujui 5 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Melawi menjadi Peraturan Daerah (Perda) tahun anggaran 2019. Pengesan Raperda menjadi Perda tersebut ditandai dengan penandatanganan persetujuan antara pimpinan DPRD dan Bupati Melawi.

Lima Raperda yang disetujui menjadi Perda Kabupaten Melawi 2019 yakni, Raperda APBD Melawi 2019 ditetapkan jumlah pendapatan daerah sebesar Rp 1,173 triliun dan jumlah belanja daerah sebesar Rp 1,171 triliun. Raperda lainnya yang disetujui adalah Raperda 2018 tentang sarang burung walet, Raperda tentang pola tarif jasa pelayanan kesehatan pada badan layanan umum daerah RSUD, Raperda tentang tarif retribusi pelayanan kesehatan di RS Pratama dan Raperda inisiatif DPRD tentang tata tertib dan kode etik DPRD Melawi.

Ditemui usai rapat paripurna itu, Ketua DPRD Melawi Abang Tajudin mengatakan proses pembahasan dan evaluasi yang dilakukan terhadap Raperda APBD 2019 ini sudah diupayakan terkait pelaksanaan penjabaran APBD untuk mengutamakan kepentingan masyarakat Melawi.

Tajudin menargetkan Bulan Januari 2019 APBD sudah bisa berjalan, sehingga tidak terganggu kegiatan roda pemerintahan dan perekonomian masyarakat.

“APBD 2019 sudah banyak perbaikan dengan APBD sebelumnya, banyak kegiatan prioritas kebutuhan masyarakat yang menjadi kegiatan utama,” ungkapnya.

Dia berharap agar anggaran yang ada dimanfaatkan dan dipergunakan secara baik, efektif dan akuntabel untuk kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Melawi demi mencapai tujuan bersama yaitu Kabupaten Melawi yang lebih baik dan sejahtera.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji, pada kesempatannya di rapat paripurna tersebut mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota DPRD yang sudah melaksanakan tahapan-tahapan pembahasan hingga ke penyusunan APBD Melawi 2019.

“Catatan-catatan strategis yang disampaikan seluruh fraksi akan menjadi pertimbangan kami sesuai dengan keuangan daerah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya berharap sinergitas antara DPRD dan Pemkab Melawi tetap terjaga dengan baik sebagai penyelenggara Negara,” pungkasnya. (Ed/KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.