Sinergitas Polri-TNI Soal Kesehatan Masyarakat

PONTIANAK, KN – Memberikan perhatian pada masyarakat soal kesehatan adalah langkah nyata dilakukan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Bakti Sosial Kesehatan. Ini adalah kegiatan sosial di SMA Terpadu Jalan Tanjung Raya II, Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, pada Selasa (18/6/2019).

“Bakti sosial kesehatan ini merupakan salah satu rangkaian HUT Bhayangkara ke 73 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019 nanti,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspketur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono, SH, MH.

Kapolda Kalbar, Didi Haryono menyebut, pada kegiatan asksi sosial ini dihadiri Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji SH M.Hum, Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Dra Sri Handayani, Kabiddokkes Polda Kalbar Kombes Pol dr. Sucipto, Wali Kota Pontianak Edy Kamtono, Wali Kota Singkawang Tjai Chu Mie SE.

“Ketua PD Bhayangkari Kalimantan Barat Eka Didi Haryono selaku tuan rumah dalam acara bakti sosial kesehatan,” ujar Kapolda Kalbar.

Kapolda Kalbar menyampaikan terimakasih kepada unsur pimpinan Provinisi Kalbar yang menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Polri.

“Acara ini adalah salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-73 dengan tema adalah “dengan semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat Bangsa dan Negara,” tuturnya.

Kapolda Kalbar menjelaskan, bersama Kodam XII/Tanjungpura dari tenaga medis, segala sarana dan prasarana yang dimilki siap untuk membantu masyarakat Kalimantan Barat untuk membantu dari sisi sumber dayanya maupun dari segala aspek pembangunan. “Kewajiban kita semua untuk sama sama membangun daerah kita,”ujarnya.

Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji, SH, M.Hum mengapresiasi kepada Polda Kalbar atas pelaksanaan kegiatan ini karna wilayah Kalbar sangat perlu akan adanya bakti sosial kesehatan agar masyarakat sehat setiap harinya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Spabila masyarakat kita sehat, maka sumber daya manusianya dapat lebih meningkat dan bakat masyarakat kualitasnya jadi lebih naik. Dan kemampuan masyarakat kalbar juga akan meningkat dari segala bidang,” kata Sutarmidji.

Sementara itu, menurut laporan dari Ketua Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalbar, AKBP Sugiyanto, kegiatan bakti sosial kesehatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat.

“Ini dapat dilihat dari jumlah pasien yang sudah mendaftarkan diri. Sebanyak 28 orang operasi celah bibir dan langit atau biasa disebut bibir sumbing, donor darah 90 kantong, Khitanan massal 161 anak serta pengobatan gratis sebanyak 100 pasien, ini melebihi target dari rencana awal,” kata Ketua Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalbar Sugiyanto.

Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Aster Kasdam XII/Tanjungpura, Kakesdam XII/Tanjungpura dan Karumkit Kartika Husada Kesdam XII/Tanjungpura juga menghadiri acara pembukaan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Polri Tahun 2019 ini di di Sekolah Terpadu.

Sinergisitas Polri-TNI di Kalimantan Barat ini sebagai bentuk kepedulian kesehatan pada masyarakat. Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab bersama Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum dan Kapolda Kalbar, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono, SH, MH menyerahkan bingkisan kepada masyarakat yang menjadi peserta kegiatan bakti sosial. Dan juga bersama-sama meninjau pelaksanaan kegiatan bakti sosial.

“Dalam kegiatan ini Kodam XII/Tpr juga turut mendukung kegiatan bakti sosial yang digelar oleh Polda Kalbar dengan mengirimkan personel tenaga medis untuk membantu dalam pelayanan bakti sosial. Selain itu juga mendukung personel dalam kegiatan donor darah,” kata Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab. (PK/As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.