Sungai Pinoh Meluap, Kota Baru dil Landa Banjir

MELAWI – Curah hujan yang tinggi di perhuluan Sungai Pinoh membuat air sungai meluap. Dampaknya, sejumlah wilayah dataran rendah mengalami renaman banjir. Meskipun tidak begitu parah, namun dampak tersebut sedikit menghambat aktivutas sehari-hari masyarakat.

“di Kecamatan tanah Pinoh (Kota Baru) sejak Sabtu siang dilanda banjir akibat luapan Sungai Pinoh. Ini dikarenakan hujan deras yang mengguyur di wilayah Kota Baru dalam dua hari terakhir. Banjir mulai menggenangi Kota Baru , namun hingga siang ini mulai berlangsung surut,” kata seorang warga Kota baru, Ajo Topik, melalui via seluler, kemarin.

Menurut Ajo, banjir akibat luapan Sungai Pinoh ini membuat sejumlah ruas jalan di dalam kota dan rumah warga tergenang air. Seperti di wilayah Pasar Kota Baru, kedalaman air sempat mencapai selutut orang dewasa.

“Ketinggian genangan banjir hingga mencapai setinggi lutut orang dewasa. Alhamdulillah tidak ada korban apapun akibat banjir ini meskipun terdapat sejumlah rumah warga yang terkenabanjir itu, “ katanya.

Ajo mengatakan, banjir tersebut sudah sangat sering terjadi, jika terjadi hujan lebat mengguyur wilayah Kota Baru selama beberapa hari.

“Ini kemungkinan besar karena wilayah serapan air yang berkurang, sehingga air sungai mudah meluap,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.