Tak Ada Tower, Masyarakat Perbatasan Belum Menikmati Informasi

SINTANG – Kemajuan teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga mempermudah komunikasi dan transaksi hanya dengan menggunakan handphone. akan tetapi, perkembangan itu belum dapat dirasakan oleh masyarakat di daerah perbatasan Kabupaten Sintang karena tak adanya keberadaan tower telekomunikasi.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengungkapkan sejauh ini masih banyak daerah terpencil dan perbatasan yang belum merasakan nikmatnya berkomunikasi dan transaksi hanya menggunakan handphone atau smartphone.

“Masih banyak daerah yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi terlebih di daerah terpencil dan perbatasan. Untuk itu, masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan berkomunikasi dan bertransaksi dan mendapatkan informasi karena ketiadaan jaringan tersebut,” ujarnya, Kamis (5/4).

Untuk itu, Heri Jambri berharap Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dapat merealisasi keinginan masyarakat di kawasan timur Kalimantan Barat untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi dengan membangun tower di daerah perbatasan dan terpencil.

“Ini era digital, semua sudah dilakukan hanya mengunakan jari. Jika tidak ada akses kesana, maka berita dan informasi sulit di dapat oleh masyarakat perbatasan dan terpencil,” ucapnya.

Heri Jambri menyampaikan saat kunjungan kerja, dirinya kerap mendapatkan keluhan mengenai hal tersebut. Pasalnya, untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi, tak jarang masyarakat harus meninggalkan kampungnya hanya untuk berkomunikasi dengan saudara atau sekedar mendapatkan informasi.

“Dunia ada di jari belum didapat oleh mereka karena keterbatasan signal. Ini berbanding jauh denn negeri tetangga. Kepala desa sekarang dituntut bisa menggunakan internet tapi jaringan internet malah tidak ada,” tukasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.