Tak Gunakan Jaring Pengaman dan Overloaded, Tiga Truk Ditilang Polisi

Melawi (kalimantan-news.com) – Overloaded capacity atas kelebihan kapasitas muatan tidak hanya berpotensi membuat kerusakan pada jalan, namun juga bisa mencelakai pengguna lalu lintas lainnya. Pertimbangan tersebutlah yang membuat Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Melawi manargetkan truk Overloaded dalam operasi zebra Kapuas 2019. Seperti yang telah dilakukan Sat Lantas di Jalan Provinsi Sintang-Nanga Pinoh, tepatnya di Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Senin siang (28/10).

Dalam penindakan tersebut tidak semua truk bermuatan yang menjadi target, namun lebih fokus kepada truck bermuatan sawit yang Overloaded. Terlebih yang tidak menggunakan jaring pengaman.

“Bisa dibayangkan jika tandan sawit jatuh ke badan jalan dan mengenai pengendara sepeda motor atau kendaraan lain yang tepat berada dibelakang truck tersebut. Hal itu jelas sangat membahayakan pengendara lain dan dapat menyebabkan kecelakaan lalulintas,” kata Kapolres Melawi melalui Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana.

Lebih lanjut Ia mengatakan, selama ini Satlantas Polres Melawi telah berupaya maksimal untuk menindak pelanggaran Truck Over Load yang membawa buah sawit dan tidak menggunakan jaring pengaman ini. Namun masih banyak yang membandel. “Kami sudah melakukan beberapa upaya termasuk peneguran serta penilangan terhadap pelanggar. Namun, tetap saja masih ada yang belum jera. Kami tetap akan terus melakukan upaya berkenaan dengan kejadian ini,” ungkapnya.

Aang menghimbau kepada pengusaha sawit dan pengusaha – pengusaha yang membawa jasa angkutan (ekspedisi), agar memperhatikan muatannya sesuai dengan standar dan keamanan.

“Diharapkan bagi para pengusaha buah sawit, agar tidak memuat buah sawitnya melewati dari bak kendaraan tersebut, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, serta bagi para pengusaha ekspedisi, kita tidak akan pandang bulu, kedapatan kita akan tindak sesuai peraturan yang berlaku,” tegasnya.

Aang mengatakan, dalam kegiatan tersebut kegiatan ini ditemukan 3 Truck Over Load yang membawa buah sawit dan tidak menggunakan jaring. Selain dilakukan penilangan, juga diimbau agar supir memperhatikan keselamatan pengendara lainnya,” “Karena tidak dapat diduga bahwa tandan buah sawit tersebut jatuhnya dimana saat dibawa melaju oleh supir truck. Ini sangat rawan sekali menyebabkan kecelakaan lalulintas dan menyebabkan masalah baru jika tidak ditindak tegas oleh Petugas,” pungkasnya. (Irawan /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.