Temukan Tindak Kejahatan, Warga Diminta Melapor

MELAWI – Pihak Polres Melawi melalui Humasnya menghimbau kepada warga agar melaporkan setiap tindak kejahatan yang ada. Hal tersebut agar bisa dilakukan pemetaan oleh pihak kepolisian terhadap setiap kejahatan yang terjadi.

“Kita berharap warga mau melaporkan setiap tinddak kejahatan yang terjadi dilingkungannya. Misalnya seperti terjadinya pencurian. Warga jangan takut melapor dengan alasan takut menjadi saksi atau repot bila harus bolak baling memberikan keterangan,”kata Kasubbag Humas Polres Melawi, Iptu Herno Mintoro, kemarin.

Ia mencontohkan, seperti terjadinya penangkapan seorang pria yang diduga maling kotak amal di masjid di daerah Sidomulyo. Harusnya warga berani melapor, sehingga tindak kejahatan tersebut bisa dipetakan dan dilakukan proses hukum.

“Meskipun tidak mau melaporkan secara resmi karena barang buktinya kecil atau tidak seberapa, setidaknya warga bisa memberikan aduan.Karena itu penting sebagai pemetaan tindak kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Melawi atau Polsek Nanga Pinoh,” katanya.

Tidak hanya itu, warga juga bisamemberikan informasi kepada pihak kepolisian bilamana melihat adanya gerak gerik yang mencurigakan. Apakah itu mencurigakan bahwa yang bersangkutan melakukan tindak pidana Narkotika ataupun dugaan lainnya yang berefek terhadap pelanggaran tindak pidana.

“Jadi masyarakat jangan takut untuk melapor. Agar informasi atau dugaan itu bisa jelas. Jangan hanya berani memberikan informasi di media sosial,yang tentunya informasi tersebut masih dipertanyakan dan bisa-bisa menjadi berita bohong atau hoax. Terlebih saat ini informasi hoax sedang marak-maraknya. Hal itu harus dihindari,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.