Timbun Jalan Berlubang, Sat Lantas Gandeng Mahasiswa STKIP

oleh

Melawi (Kalimantan-News) – Kondisi kerusakan jalan Provinsi Pinoh-Sintang khususnya antara Desa Tanjung Tengang ke Polres Melawi cukup parah. Lubang-lubang yang menganga seakan mengintai para pengendara untuk menjadi korban. Mihat kerawanan itu, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Melawi menggandeng Mahasiswa STKIP Melawi makukan penimbunan lubang-lubang yang menganga tersebut, Kamis (03/10/19).

Kasat Lantas Polres Melawi AKP Aang Permana mengatakan kegiatan penimbunan yang dilakukan bersama Mahasiswa tersebut sebagai upaya atau antisipasi terjadinya kecelakaan. Menggandeng Mahasiswa sebagai mitra dalam penimbunan itu sebagai merupakan Sinergitas Polres Melawi dengan Mahasiswa yang ada di Melawi.

“Kami bersama Mahasiswa STKIP bersama-sama menambal jalan berlubang yang banyak dijumpai di sepanjang jalur jalan Provinsi Sintang-Nanga Pinoh tepatnya di Desa Tanjung Tengang. Sebab kondisi sebagian lubang jalan dinilai sudah cukup parah. Sehingga dinilai berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ungkapnya.

Aang mengatakan, kerusakan jalan Provinsi Pinoh-Sintang khususnya di Tanjung Tengang itu sudah lama terjadi, dan dilewati setiap hari oleh masyarakat, “Karena padatnya arus lalulintas, sehingga berpotensi rawan lama. Makanya, kami berinisiatif mengajak mahasiswa STKIP Melawi untuk menimbun sebagian lubang jalan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Tidak hanya Sat Lantas dan Mahasiswa saja, Sat Sabbara juga turun ke lokasi membantu melakukan penimbunan agar penimbunan yang dilakukan bisa lebih cepat. Kasat Sabhara Polres Melawi AKP Nono Partoyuwono Menyampaikan kegiatan imi menggunakan peralatan manual untuk menimbun lubang-lubang jalan yang dianggap berpotensi menimbulkan kerawanan.

Srikandi Sat Lantas Tampak sedang sibuk mencangkul pasir batu untuk menimbun sejumlah lubang di Jalan Provinsi Pinoh-Sintang khususnya di Tanjung Tengang

Langkah ini dilakukan Polres Melawi karena sebagian kondisi lubang jalan itu dinilai sudah membahayakan pengendara. Apalagi ini sudah memasuki musim hujan, lubang bisa tidak terlihat kalau tertutup genangan dan menimbulkan kecelakaan ucapnya. (Arb/Irawan/KN)