Tingkatkan Kualitas, Pemkab Sintang Gelar Raker Camat, Kades dan BPD

oleh
oleh

SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka rapat kerja camat, kepala desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sintang, di Gedung Pancasila Sintang, Selasa (26/02/2019).

Dalam pertemuan ini dihadiri oleh seluruh camat dan kepala desa serta BPD. Raker dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 26-27 Februari 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni dalam sambutannya mengatakan raker ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa yang efisien, efektif, akun tabel dan transparan.

”Pada kesempatan ini juga, kita juga mau menyelaraskan program kegaitan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dengan desa-desa menuju desa maju dan mandiri,” tambahnya lagi.

Lanjut Roni dalam kegiatan ini, para kades dan ketua BPD akan diajak untuk membahas mengenai penyusunan dan pembuatan laporan RPJMDes, RKPDes, LPPDes, Laporan Kinerja BPD dan Admisnitrasi desa dan BPD. Dinas PMPD juga menghadirkan sejumlah narasumber untuk menambah ilmu para peserta. Para narasumber didatangkan dari berbagai latar belakang dan OPD terkait, jelas Roni.

Sementara itu Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya mengajak seluruh perangkat daerah untuk melayani masyarakat dengan baik.

“Saya barusan pulang dari Serawai, jadi saya melihat sendiri kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa-desa, bayangkan uncak sungai Jelemuk ada deklarasi Open Defecation Free (ODF), inikan usaha pemberdayaan masyarakat yang memerlukan proses jangka panjang,” kata Jarot.

Lanjut Jarot, saya ucapkan terima kasih kepada kades dan jajarannya serta BPD yang sudah berusaha menggunakan dana desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

“kita harapkan ke depan usaha ini lebih efisien dan efektif lagi” pungkasnya.

Masih diacara yang sama, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresaisi kegiatan ini. Ia memuji antusias para pemimpin desa dalam meningkatkan kualitas diri mereka salah satunya lewat kegiatan rapat kerja ini.

“kita berharap para pemateri dapat memberi bekal bagi para kades dan BPD dalam melaksanakan pembangunan,” harap Jeffray. (HM)