Tingkatkan Toleransi Dan Kerukunan Umat Beragama Tingkatkan Fungsi FKUB

SEKADAU – Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si membuka kegiatan “Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sekadau” yang digelar di Gedung Kateketik Sekadau, Rabu (16/5/18).

Dalam sambutannya ia katakan, “atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini”. Ia berharap dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kita semua untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan Kabupaten Sekadau yang maju mandiri dan berdaya saing.

Selanjutnya ia katakan, melalui Direktorat Jendral Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Menteri dalam negeri mengkoordinasikan program Gerakan Indonesia Bersatu dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang bersatu.

Oleh karna itu, Pemerintah Daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau dalam program pengembangan wawasan kebangsaan, kegiatan peningkatan toleransi dan kerukunan kehidupan beragama atau yang lebih dikenal dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pada hakekatnya adalah implementasi peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Mentri Agama Nomor 9 dan 8 Tahun 2006.

“Ada tiga lingkungan strategis yang saling terkait yakni, mengenai landasan hukum bagi pemeliharaan Kerukunan umat beragama, kebijakan pemerintah dan sejumlah masalah dalam implementasinya dan mengenai dukungan system masyarakat dan partisipasinya,” ucap Bupati Rupinus.

Selanjutnya himbauan dari Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, SIk.
Ia katakan, apresiasi atas kegiatan yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau. Berkaitan dengan pasca pengeboman di Surabaya dan dibeberapa tempat lain oleh kelompok Radikalisme (Teroris) berapa hari lalu ia katakan bahwa, ini tidak ada kaitannya dengan agama Islam. Tidak ada satu agamapun yang mengajarkan hal seperti itu.

“Sampaikan kepada masyarakat supaya tetap waspada dan berhati-hati. Jika ada kegiatan-kegiatan yang mencurigakan yang menyimpang dari kebiasaan, segera laporkan ke pihak Kepolisisan dan pihak pemerintah,” pesannya.

Dalam kegiatan yang sama, sambutan dari Ketua Panitia kegiatan, Zad. Manggung, S. Sos, M. Si mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si yang sudah berkenaan hadir dalam kegiatan” Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sekadau,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menjaga harmoni kebangsaan dalam kerangka NKRI.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Ketua FKUB Provinsi Kalimantan Barat, Komandan KODIM 1204 Sanggau (diwakili), Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Sekadau, Kepala BAPPEDA LITBANG Kabupaten Sekadau, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sekadau, Ketua FKUB Kabupaten Sekadau beserta pengurus dan para peserta yang hadir. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.