Tuah Harap Pasokan Daging Sehat Terpenuhi Jelang Idul Fitri

oleh
oleh
Tuah Mangasih, Anggota DPRD Sintang

SINTANG – Tak bisa dipungkiri, bahwa setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri, permintaan daging di pasaran pasti akan meningkat drastis, terutama daging sapi.

Menangapi hal itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan, dengan meningkatnya permintaan daging, maka berlakulah hukum pasar sehingga harganya pun akan naik.

“Hal tersebut seolah sudah menjadi hukum pasar. Terkadang situasi seperti ini dimanfaatkan oleh oknum pedagang daging dengan menjual daging oplosan, dengan maksud agar memperoleh keuntungan yang lebih besar,” ujar Tuah saat dihubungi via seluler, Selasa (14/5/2019).

Tentu saja hal ini, menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut, sangat merugikan konsumen, baik dari sisi higienesnya dan juga apakah daging tersebut halal untuk dikonsumsi umat muslim.

“Maka dari itu, saya meminta agar dinas terkait benar-benar ekstra memonitor transaksi jual beli daging sapi, dan kalau bisa langsung turun ke pasar-pasar melakukan pemantauan,” ujar pria murah senyum ini.

Hal tersebut menurutnya, juga untuk menghindari daging yang tidak layak konsumsi oleh masyarakat. Ia juga berharap, instansi terkait agar bisa menjamin pasokan daging untuk kebutuhan masyarakat Sintang dalam menyambut Idul Fitri.

“Tentunya kita harapkan juga, pasokan daging tersebut dijual dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada para pedagang daging, agar memiliki hati nurani yang baik, sehingga benar-benar menjual daging yang layak dan halal untuk dikonsumsi.

“Bila semua elemen besinergi dan berniat baik, maka hal-hal yang bisa merugikan orang banyak dapat dihindari dan konsumen pun tidak was-was untuk membeli daging di pasar,” pungkasnya. (*)