Tuan Rumah, Pemkab Sintang Dukung Rakor Kelitbangan Se Kalimantan Barat

SINTANG, KN – Mewakili Bupati Sintang, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Abdul Supriyadi, SH. M. Si menghadiri acara pembukaan dan malam ramah tamah rapat koordinasi Kelitbangan se-Kalimantan Barat tahun 2019 di Aula Pendopo Bupati Sintang, Rabu (24/7/19) malam.

Dalam sambutannya Abdul Supriyadi mengatakan Pemkab Sintang memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya rakor litbang ini, terlebih di tunjuknya Kabupaten Sintang selaku tuan rumah rakor kelitbangan se-Kalbar ini merupakan suatu kehormatan yang patut di syukuri, karena akan menjadi catatan sejarah tersendiri bahwa Kabupaten Sintang merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan fungsi penelitian dan pengembangan dalam mendukung proses pembangunan di era otonomi daerah sekarang ini, kata Abdul.

Lanjut Abdul, tentunya jika ada Badan Litbang akan meningkatkan fokus fungsi litbang di daerah dalam mendukung pembangunan, karena selama ini umumnya daerah menempatkan urusan penelitian dan pengembangan di Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA).

“kita menyadari hal ini membuat fungsi litbang yang menjadi unsur penunjang urusan pemerintah belum optimal, baik secara internal maupun eksternal. Di tambah lagi jabatan fungsional peneliti belum menjadi daya tarik ASN daerah” ungkapnya.

Selaku tuan rumah, kata Abdul, Pemkab Sintang berharap pelaksanaan rakor ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan poin-poin kesepakatan yang dapat membawa manfaat bagi pembangunan Kalimantan Barat melalui pembentukan Badan Litbang di Kabupaten/Kota kedepannya secara khusus di Kabupaten Sintang, harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Dodi Riyadmadji berharap dengan rakor yang berlangsung hingga Jumat 26 Juli nanti akan menghasilkan kekuatan yang baru untuk Kalimantan Barat dalam membentuk Badan Penelitian dan Pengembangan di daerah, agar pembangunan bisa terus berjalan lancar dan sebaik-baiknya guna kemajuan daerah masing-masing.

“memang isu yang terkait dengan rencana pembubaran badan litbang kementrian, provinsi dan Kabupaten/Kota sama sekali tidak pernah dibahas dalam kami melakukan pembahasan RUU Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (RUU Sisnas Iptek) selasa kemarinĀ  yang disetujui oleh DPR, mudah-mudahan ini akan membawa hal yang nantinya kita mendudukkan badan penelitian dan pengembangan diera yang akan datang dan lalu kemudian nanti bisa tahan lama dan bisa berfungsi dengan sebaik-baiknya” kata mantan Pj Gubernur Kalbar tahun 2018 ini. (Wr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.