Wabup Sintang Buka Gawai Dayak Desa Sekubang di Sepauk

oleh
oleh

SINTANG – Ribuan masyrakat Dayak Seberuang Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk Kabupaten, Sintang Padati lapangan sepak bola Temanang untuk menyaksikan Gawai Dayak Nyelepat Tahun Kamis, (13/06/2019).

Gawai Dayak Nyelapat tahun Dayak Seberung dihadiri Wakil Bupati Sintang Askima sekaligus membuka acara kegiatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Sekretaris DAD Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni, Kasat Polisi Praja Kabupaten Sintang Martin Nandung, Camat Sepauk, Chinghan, Danramil sepauk, Kapolsek Sepauk, serta Ketua Dewan Adat sepauk, para kepala desa, tokoh adat, para temenggung dan tokoh agama Kecamatan Sepauk.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan, bahwa kegiatan Gawai Dayak yang dilaksanakan masyarakat Desa Sekubang ini sangat luar biasa dan menjunjung tinggi adat, dan pemerintah kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi dengan kegiatan tradisi masyarakat ini.

“saya selalu menyempatkan diri dalam kegiatan tradisi masyarakat yaitu Gawai Dayak ini, dan pada hari ini juga saya akan berangkat ke perbatasan Entikong Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau untuk segera menuju Sabah Malaysia untuk kepentingan masyarakat adat Dayak kita , untuk menindak lanjuti rencana Konfrensi Temenggung Internasional yang juga pernah diselenggarakan di Kabupaten Sintang” jelas Askiman.

Selain itu , Askiman juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Konfrensi Temenggung Internasional yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Sintang telah membuka pemikiran secara Internasional sehingga rakyat Dayak telah diberikan keanggotaan tetap di PBB dan tahun depan kita akan mendapatkan penghargaan untuk menyampaikan pidato di PBB dalam rangka pelestarian seni budaya dayak dan kontek kepentingan masyarakat Dayak secara Internasional, pungkas Askiman.

Sementara itu, Ketua Panitia Gawai Gawai Dayak Seberuang, Yuvensius Aki menjelaskan, bahwa kegiatan Gawai Dayak rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan Tahun 2019 ini yang keempatkalinya yang diselengarakan secara bersama-sama dilapangan terbuka mulai tanggal 13 hingga 22 Juni 2019 dilapangan bola Temanang, jelas Yuvensius. (*)