Wabup Sintang Buka Gawai Nyelapat Tahun di Kecamatan Sepauk

SINTANG, KN – Ribuan masyrakat Dayak di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang pada hari Jumat, (09/08/2019) melaksanakan Gawai Nyelapat tahun Ke – I Tingkat Kecamatan Tahun 2019.

Acara gawai tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka acara kegiatan Gawai Nyelapat tahun di Tingkat Kecamatan Sepauk.

Selain Wakil Bupati Sintang, Askiman hadir juga Sekretaris DAD Kabupaten Sintang Herkulanus Roni, Camat Sepauk Chinghan, Danramil sepauk, Kapolsek Sepauk, Ketua FPD Kecamatan Sepauk, Ketua Dewan Adat Sepauk, para kepala desa, tokoh adat, para temenggung dan tokoh agama Kecamatan Sepauk.

Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Gawai Nyelapat tahun yang dilaksanakan masyarakat ini sangat luar biasa dan menjunjung tinggi adat dan istiadat.

“Pemerintah kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi dengan kegiatan ini Gawai Nyelapat tahun tingkat Kecamatan Sepauk yang pertama kali dilaksanakan ini, mari kita jadikan sebagai kegiatan gawai yang dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya”.

Askiman mengatakan kegiatan Gawai Nyelapat tahun ini jangan politisir sebagai salah satu sisi untuk kepentingan politik, tetapi benar-benar melaksanakannya dengan rasa syukur yang sungguh sangat luar biasa.

“Rasa damai sejahtera yang luar biasa, rasa ungkapan sukur yang luar biasa kepada Tuhan Yang maha Kuasa atas sebagal berkat dan karunianya yang diberikan kepada kita sepanjang hari , sepanjang minggu, sepanjang bulan dan sepanjang tahun yang pantas untuk kita syukuri” tegas Askiman.

Selain itu Askiman, juga menjelaskan sesuai dengan tema Gawai Dayak yang dilaksanakan di kabupaten Sintang tahun 2019 ini” saya mengajak semuanya mari kita wujudkan rasa kebersamaan, rasa persatuan dalam rangka kita membangun negeri kita tercinta ini, walaupun kita hidup beraneka ragaman, mari kita bersatu , mari kita mendewasakan diri kita dengan rasa cinta damai dan membangun rasa kekeluargaan untuk kepentingan bersama” pinta Askiman.

Sementara itu, Ketua Panitia Gawai Nyelapat tahun Nurdin, S.Sos menjelaskan, bahwa kegiatan Gawai Nyelapat tahun yang dilaksanakan ini sebagai ucapan rasa sukur dalam segala usaha dan panen yang berlimpah, juga untuk menjalin silaturahmi.

”Gawai Nyelapat tahun ini dilaksnakan selama tiga hari secara bersama-sama oleh seluruh masyrakat dayak di kecamatan Sepauk mulai tanggal 09 hingga 11 Agustus 2019 dilapangan sepakbola SMA Negeri I Kecamatan Sepauk, dengan disemarakkan dengan berbagai lomba tradisi masyarakat seperti lomba lagu Dayak, lomba tari Dayak, lomba lukis perisai, lomba menyumpit serta kegiatan lomba lainnya” jelas Nurdin. (EC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.