Wabup Sintang Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

SINTANG – Wakil bupati Sintang, Askiman, membuka membuka acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sintang tahun 2018 di Gednug Pancasila Sintang, Rabu (21/3/2018).

dalam sambutannya mengatakan Kita memerlukan perencanaan yang berkualitas untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan yang ada di daerah kita ini. “Pendekatan perencanaan pembangunan harus bersifat holistik-tematik, integratif dan spasial,” kata Askiman.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sifat-sifat dalam pembangunan tersebut haruslah dibuat secara menyeluruh dan terfokus, terpadu dan selaras dalam pelaksanaannya. Selain itu pembuatan perencanaan ini juga mensyaratkan basis data dan informasi yang baik dan jelas.

“Saya berharap kita semua yang ada di sini mau bersungguh-sungguh mencurahkan tenaga dan pikiran pada acara ini, sehingga musrenbang ini akan menghasilkan dokumen perencanaan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” harap Askiman.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang selaku leading sektor acara ini mengusung tema, ‘penurunan angka kemiskinan melalui peningkatan insfrastruktur dasar, sanitasi, optimalisasi air bersih dan peningkatan sumber energi baru terbarukan’. Tema ini juga merupakan tema rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2019.

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang sekaligus ketua panitia musrenbang, Kartiyus mengatakan untuk mensingkronkan berbagai aspirsi dari para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sintang. Selain itu, pemerintah menginginkan dengan mekanisme musrenbang ini proses pelaksanaan pembangunan partisiptif di kabupaten sintang.

Mekanisme acara dimulai dengan pembukaan, kemudian pengarahan dan paparan rancangan RKPD kabupaten Sintang tahun 2019. Ada pula paparan rancangan dari forum OPD, mulai dari bidang persemakmuran, pekerjaan umum, pengelolaan keuangan dan pelayanan publik, kesehehatan, pendidikan, sarana dan prasarana serta bidang kesejahteraan sosial.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja kita di tahun depan, diharapkan kita akan mencapai kesepakatan tentang prioritas pembangunan di kabupaten sintang pada tahun 2019.

Masih di acara dan tempat yang sama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pemkab Sintang melalui Musrenbang Kabupaten.

Menurutnya, melalui musrenbang ini, untuk singkronisasikan apa yang menjadi proiritas pembangunan yang diperlukan oleh masyarakat, karena sebelum melakukan musrenbang kabupaten di gelar, maka terlebih dahulu ada musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan.

“Nah malalui musrenbang kabupaten inilah nantinya untuk singkronisasikan apa yang menjadi proiritas pembangunan kedepan, pungkas Jeffray. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.