Wabup Sintang Koordinasi Program P2EMAS Dengan Sejumlah Fasilisator

oleh
oleh

SINTANG – Wakil Bupati Sintang, Askiman bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah melakukan koordinasi progress program pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat (P2Emas) tahun 2018, di Balai Pegodai Komplek rumah dinas wakil bupati Sintang, Senin (01/10/2018).

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemaparan progress dari fasilitator kabupaten, selaku perwakilan dari fasilitator-fasilitator desa.Selain itu dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait juga menyampaikan proses pelaksanaan program P2Emas.

“saya harapkan aktivitas lapangan oleh fasilitator desa untuk lebih dipacu lagi, kita mau fasilitator menginventaris data segala persoalan yang muncul di tingkat petani, lalu bantu mereka dengan berkomunikasi dengan instansi terkait,” pinta Askiman.

Kepada para OPD terkait Askiman harapkan lebih intens dalam memacu petani untuk lebih berkembang sehingga kita ini jadi satu kegiatan yang menonjolkan desa-desa yang kita bina, capaian target program kita ini bukan hanya soal progress fisik dan keuangan saja tapi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat kita harus signifikan, harap Askiman.

Sementara itu, Sekda Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan bahwa intensitas pendampingan perlu semakin ditingkatkan walaupun rata-rata sudah dalam proses sesuai dengan yang kita rencanakan.

“Saya optimis apa yang kita rencanakan sampai akhir tahun sudah selesai semua prosesnya,” kata Yosepha.

Fasilitator Kabupaten Program P2Emas, Astiana Tandisau, ST dalam laporannya menyampaikan bahwa ada secara keseluruhan capaian progress program ini sudah lebih dari 60% (persen) terlaksana, sementara dana yang sudah dikucurkan lebih dari 1,5M.

“Permasalahan kami yang hampir terjadi di semua desa, terlambatnya pelaksanaan kegiatan fisik disebabkan karena keterlambatan dokumen kontrak, sebagai tindak lanjutnya, kami melakukan re-schedule semua tahapan kegiatan dengan melakukan paralel kegiatan di semua kegiatan,” terangnya

Lanjut Astiana para fasilitator juga melakukan koordinasi ulang untuk melaksanakan percepatan proses kegiatan. Dalam proses monitoring dan evaluasi, menurut Astiana,timnya melakukan peningkatan rutinitas waktu pendampingan desa, kata Astiana. (Hms)