Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara, Ini Tanggapan Tuah

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan, bahwa rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke Kalimantan Timur akan berdampak positif bagi seluruh wilayah kalimantan.

“Saya pikir pemindahan Ibu Kota ini pasti akan berdampak positif untuk kita semua yang ada di Kalimantan. Paling tidak trans kalimantan akan ditingkatkan kembali, dan semua daerah kalimantan ini akan terbuka. Kan lucu ada Ibu Kota tapi ada daerah yang masih belum terbuka. Nah pasti akan dibuka dan ditingkatkan,” ujar Tuah saat ditemui di Kantor DPRD setempat.

Artinya jelas Tuah, progres untuk membuka wilayah-wilayah kalimantan ini akan cepat. Meski begitu ia juga mengharapkan, Pemerintah Daerah (Pemda) juga harus pro aktif untuk jemput bola. Karena wilayah Kalimantan sekarang sudah punya alasan daerahnya agar dapat dibangun.

“Ibu Kota tidak lama lagi pindah ke Kalimantan, itu alasan kita. Malu kita kalau misalnya infrastrukturnya tidak bagus. Maka dari itu, Pemda harus pro aktif, sebab siapa yang rajin meminta di pusat sana itu yang diperhatrikan lebih dulu,” katanya.

Terlepas dari itu, Politsi PDI Perjuangan ini juga mengatakan, untuk Kalbar sendiri juga tentu harus mempersiapkan diri disegala bidang. Terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

“Katanya putra-putri Kalimantan itu mau ikut ambil bagian di dalam pemerintahan, terutama nanti kalau Ibu Kota pindah. Tapi kalau SDM-nya belum siap, kan tidak mungkin,” terangnya.

Makanya, kata Tuah, SDM perlu dipersiapkan semaksimal mungki dari sekarang. Dan yang pasti harus loyal kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.